Jerman Alokasikan 62 Juta Dolar AS untuk Palestina

Secara keseluruhan, bantuan Jerman ke Palestina telah mencapai € 1,15 miliar ($ 1 miliar) dengan kontribusi tahun lalu sebesar € 53 juta ($ 60,2 juta).

SALAM-ONLINE: Jerman mengalokasikan dana € 55 juta ($ 62,5 juta) untuk proyek pembangunan Palestina di Tepi Barat yang diduduki/dijajah dan Jalur Gaza yang dikepung pada 2019 mendatang.

Kepala Divisi di Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman, Klaus Kramer, mengatakan kepada wartawan di Ramallah, Palestina, bahwa proyek itu disetujui, Middle East Monitor (MEMO), melaporkan, Kamis (6/12/2018).

Berkoordinasi dengan berbagai kementerian dalam pemerintahan Palestina, Kramer mengatakan bahwa dana itu akan digunakan untuk tiga sektor: pembangunan ekonomi berkelanjutan, infrastruktur seperti proyek air minum dan pemerintahan lokal, termasuk proyek dengan kota madya.

Sementara dana dalam bentuk hibah akan digunakan terutama untuk ketiga bidang ini, proyek pembangunan di bidang lain juga akan mendapatkan bagian dari dana tersebut. Sebut misalnya, proyek yang dilaksanakan oleh organisasi masyarakat sipil.

“Bantuan paling penting tahun ini akan diberikan kepada pelatihan kerja,” kata Kramer. Menurutnya, hal ini penting untuk pengembangan kapasitas warga Palestina.

Dia menyebutkan bahwa Jerman akan lebih aktif tahun ini di Gaza. Gaza akan menerima 40 persen dari total alokasi, karena masalah kemanusiaan yang parah di wilayah kantong yang diblokade itu.

Sebagian besar proyek di Gaza yang akan didanai adalah di bidang infrastruktur, terutama pengolahan air limbah.

Perwakilan Jerman untuk Otoritas Palestina (PA), Christian Clages menekankan, Jerman ingin terus berkontribusi pada kondisi stabilitas kehidupan bagi orang-orang Palestina.

“Jerman telah membuktikan selama lebih dari 30 tahun sebagai mitra Palestina yang dapat diandalkan untuk bergantung pada bahkan di saat-saat paling sulit,” kata Clages. Dia mencatat bahwa “orang-orang di Gaza dan Tepi Barat juga dapat mengandalkan itu di masa depan”.

Secara keseluruhan, bantuan Jerman ke Palestina telah mencapai € 1,15 miliar ($ 1 miliar) dengan kontribusi tahun lalu sebesar € 53 juta ($ 60,2 juta). (mus)

Sumber: MEMO

Baca Juga