Jumat ke-40, Warga Palestina Lanjutkan Protes di Perbatasan Gaza

Hamas bersumpah untuk terus menggelar demonstrasi “sampai tujuan tercapai” demi menuntut kembalinya hak warga Palestina yang dirampas penjajah Zionis Yahudi pada 1948 dan 1967.  GAZA (SALAM-ONLINE): Hari ini, tepat Jumat ke-40, 28 Desember 2018, warga Palestina berkumpul di sepanjang zona penyangga perbatasan Jalur Gaza untuk mengambil bagian dalam aksi protes terhadap pendudukan/penjajahan Zionis Yahudi selama puluhan tahun.

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Nasional Gaza mendesak warga Palestina untuk terus berunjuk rasa setiap Jumat hingga dapat menembus blokade Zionis di bawah panji, “Kami tidak akan mengabaikan hak kami untuk hidup bermartabat”.

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Hamas Abdul Latif Qanoua, mengatakan, pihaknya bersikeras untuk mengambil bagian dalam aksi unjuk rasa selama 40 pekan berturut-turut.

“Kami akan melanjutkan protes ini sampai kami mencapai tujuan kami,” kata Qanoua seperti dikutip Anadolu Agency (AA), Jumat (28/12).

Demonstran menuntut hak untuk kembali ke rumah dan desa mereka di Palestina, tempat di mana mereka diusir pada 1948 untuk memberi jalan bagi pembentukan negara baru ilegal bernama “Israel”.

Baca Juga

Mereka juga menuntut diakhirinya 12 tahun blokade Zionis di Jalur Gaza yang telah menghancurkan ekonomi di daerah kantung pantai berpenduduk sekitar dua juta itu.

Sejak demonstrasi dimulai pada 30 Maret, lebih dari 250 warga Palestina telah gugur dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan pasukan penjajah yang dikerahkan di dekat zona penyangga. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga