Sudan Umumkan Keadaan Darurat di Negara Bagian Nil Putih

Sejauh ini sejak unjuk rasa meletus pada Kamis (20/12/2018) hingga Jumat, delapan orang telah kehilangan nyawa mereka. KHARTOUM (SALAM-ONLINE): Sudan mengumumkan Keadaan darurat di Negara Bagian Nil Putih utara, Sudan, pada Jumat (21/12/2018), setelah demonstrasi digelar di beberapa negara bagian, termasuk di ibu kota Khartoum.

Dalam sebuah pernyataan dari pemerintah lokal negara bagian, jam malam akan berlaku mulai pukul 06.00 petang waktu setempat (1600GMT) hingga pukul 06.00 pagi waktu setempat (0400GMT).

Jumlah total negara bagian Sudan yang diberlakukan keadaan darurat mencapai empat wilayah.

Para pengunjuk rasa Jumat kemarin membakar gedung Partai Kongres Nasional yang berkuasa di kota Rabaq, negara bagian Nil Putih, lansir Anadolu Agency (AA), Jumat (21/12).

Dalam dua hari terakhir, demonstrasi disertai aksi kekerasan telah mengguncang beberapa negara bagian. Demonstran mengecam tingkat inflasi yang melonjam tajam dan kekurangan roti.

Korban tewas dalam protes yang sedang berlangsung meningkat menjadi delapan orang. Sebanyak enam orang tewas di Negara Bagian Gadarif timur. Dua lagi di Negara Bagian Nil Putih utara.

Sebelumnya, keadaan darurat diumumkan di tiga bagian: Gadarif, Dangola dan Atbara. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga