Warga Palestina Gelar Demo Jumat ke-41 di Zona Penyangga Gaza

Demonstrasi akan berlanjut ‘sampai mereka mencapai tujuan akhir’, kata otoritas Nasional Gaza.GAZA (SALAM-ONLINE): Sedikitnya 20 pegunjuk rasa Palestina terluka dalam demonstrasi yang berlangsung pada Jumat (4/1/2019) di dekat zona penyangga perbatasan Gaza akibat tembakan gas air mata tentara Zionis, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, Jumat (4/1).

“Lima belas demonstran terluka akibat tembakan penjajah Zionis dan lima petugas medis diserang dengan tembakan gas air mata,” kata juru bicara kementerian Ashraf al-Qidra kepada Anadolu Agency (AA).

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengecam “pelanggaran terus-menerus terhadap personel medis” yang dilakukan oleh pasukan penjajah Zionis.

Pada Jumat ke-41, orang-orang Palestina berkumpul di sepanjang zona penyangga perbatasan Gaza untuk mengambil bagian dalam demonstrasi yang sedang berlangsung melawan pendudukan/penjajahan penjajah Zionis selama puluhan tahun.

Otoritas Nasional Gaza meminta warga Gaza untuk menerobos blokade penjajah dan mengambil bagian dalam unjuk rasa “sampai mereka mencapai tujuan akhir”.

Demonstran menuntut hak untuk kembali ke rumah dan desa mereka di Palestina yang bersejarah, tempat mereka diusir pada 1948. Pengusiran itu dilakukan untuk memberi jalan bagi terbentuknya negara baru ilegal bernama “Israel”.

Demonstran juga menuntut diakhirinya 12 tahun blokade Zionis di Jalur Gaza. Blokade itu telah menghancurkan ekonomi di daerah kantong pantai dan yang berpenduduk sekitar dua juta itu.

Sejak demonstrasi di Gaza pertama kali dimulai pada 30 Maret 2018, lebih dari 250 warga Palestina telah gugur dan ribuan lainnya terluka akibat tembakan pasukan penjajah yang dikerahkan di dekat zona penyangga Gaza. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga