Mantan Khatib dan Imam Besar Masjid Al-Aqsha Wafat Jumat di Sudan

Syaikh Mahmoud Mohammad Siyam dideportasi oleh penjajah Zionis ke Sudan pada 1988 dengan dalih mempublish pernyataan-pernyataan Hamas. 

Syaikh Mahmoud Mohammad Siyam Rahimahullah

GAZA (SALAM-ONLINE): Mantan Khatib (Pengkhutbah) dan Imam Besar Masjid Al Aqsha di Baitul Maqdis (Yerusalem) Timur, Syaikh Mahmoud Mohammad Shiyam meninggal dunia di Sudan pada Jumat (15/2/2019) kemarin karena stroke.

“Syaikh Shiyam telah meninggal di sebuah rumah sakit di Sudan,” kata kelompok perlawanan Palestina Hamas dalam sebuah pernyataan hari ini, Sabtu (16/2).

“Syaikh Shiyam adalah seorang pemimpin besar Palestina, seorang sarjana hebat, seorang penulis Arab dan simbol rakyat Palestina,” Hamas menyatakan seperti dikutip kantor berita Anadolu, Sabtu (16/2).

Mantan Rektor Universitas Islam yang bermarkas di Gaza itu dideportasi oleh penjajah Zionis pada 1988 ke Sudan dengan dalih mempublish pernyataan Hamas dan keanggotaan dalam kelompok itu.

Pada 1994, Shiyam meninggalkan Sudan ke Yaman. Di Yaman dia menjabat sebagai Presiden Liga Palestina dan menjadi wakil Hamas. Syaikh Shiyam juga menjabat sebagai Dekan Institut Abdullah Al-Ahmar untuk Studi Al-Quds di Yaman.

Setelah pecah konflik Yaman pada 2014, Syaikh Siyam kembali ke Sudan. Sejak itu dia tetap tinggal di Sudan sampai meninggalnya pada Jumat (15/2) kemarin.

Selain menjadi Khatib dan penulis, Syaikh Shiyam adalah salah seorang penyair Palestina paling terkenal.

Innaalillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun. Allahummaghfrlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu… (mus)

Sumber: Anadolu

Baca Juga