Bahas Al-Quds dan Al-Aqsha, Pemimpin Hamas Bertemu Presiden Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan (kanan) menerima Pemimpin Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh (kiri) di Istana Dolmabahçe, Istanbul, Sabtu (14/12/2019). (iletisim.gov.tr/Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki)

 

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Delegasi pimpinan Gerakan Perlawanan Islam Hamas yang dipimpin oleh Ismail Haniyeh bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (14/12/2019) di Istana Dolmabahçe, Istanbul. Bersama Erdogan, Haniyeh membahas sejumlah persoalan, terutama terkait Al-Aqsha dan Kota Suci Al-Quds atau Yerusalem serta peran Turki dalam mendukung masalah Palestina.

Pembahasan soal Al-Aqsha dan Al-Quds berlangsung dalam pertemuan antara delegasi pimpinan Gerakan Hamas, yang dipimpin oleh Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, dengan Erdogan, sebagai bagian dari kunjungan delegasi Hamas di Turki.

Selama pertemuan tersebut, dibahas secara mendalam tentang berbagai masalah penting, terutama masalah Al-Quds atau Yerusalem, risiko yang mengancam Masjid Al-Aqsha, serta peran Turki dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina, terutama di Al-Quds, Tepi Barat, Gaza dan luar negeri.

Kedua belah pihak juga membahas perkembangan terkait dengan pemilu Palestina yang akan digelar. Termasuk dalam bahasan, peran gerakan Hamas dalam mengatasi hambatan bagi penyelenggaraan pemilu tersebut, serta upaya yang dilakukan untuk mencapai rekonsiliasi nasional Palestina untuk mengakhiri perpecahan internal.

Pertemuan tersebut juga menyinggung kondisi kemanusiaan yang sulit di Jalur Gaza akibat blokade yang yang terjadi secara berkelanjutan. Dibahas pula langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakhiri dan menghancurkan blokade Zionis yang telah berlangsung sekitar 13 tahun.

Delegasi Hamas memuji sikap Turki yang terus mendukung rakyat Palestina dan masalah Palestina dengan adil. (was/pusat informasi palestina)

Sumber: melayu.palinfo.com

Baca Juga
awefawef96377
%d bloggers like this: