Kelompok Teroris Dukungan Iran Bongkar Makam Khalifah Islam di Suriah

Video menunjukkan makam Khalifah Umar bin Abdulaziz di Suriah digali, lalu dikosongkan.

SALAM-ONLINE: Kelompok-kelompok teroris dukungan Iran di Suriah, sekutunya rezim Basyar Asad, membongkar kuburan Umar bin Abdulaziz di provinsi barat laut Idlib. Umar bin Abdulaziz merupakan salah satu Khalifah Islam dari Dinasti Umayyah.

Sebuah rekaman video yang dipublish akun-akun media sosial pro-rezim di pada Selasa (26/5/20), seperti dilansir Anadolu Agency, Rabu (27/5), menunjukkan kelompok-kelompok teroris tengah menggali kembali makam Khalifah Umar bin Abdulaziz di kota Deir Sharqi dekat kota Maarat al-Numan.

Video lain menunjukkan makam digali dan dikosongkan. Tidak ada informasi terkait ke mana jasad yang yang diambil dari makam tersebut dipindahkan.

Pada Februari lalu, pasukan rezim Asad membakar kawasan di sekitar makam saat mereka menguasai kota tersebut. Aksi biadab ini menyebabkan kerusakan material.

Baca Juga

Umar bin Abdulaziz adalah khalifah Dinasti Umayyah kedelapan dan merupakan cucu dari Khalifah Islam kedua, Umar bin al-Khaththab, salah seorang sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Umar bin Abdulaziz dipilih sebagai Khalifah Islam kelima karena keshalihan dan keadilannya. Ia memimpin kekhalifahan selama dua tahun 5 bulan.

Dengan aksi penghancuran makam Kekhalifahan Islam di Distrik Maarat Numan yang direbut pasukan rezim pada bulan-bulan sebelumnya, maka berarti mereka telah melanggar kesepakatan Sochi dan perjanjian Astana. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

awefawef98860