Mau Larang Shalat Id, Kepala Desa Buol, Sulteng, Dikeroyok Warga

Kepala Desa Buol, Sulteng, dan petugas dikeroyok warga usai shalat Id. (Foto: Istimewa/Kumparan)

SALAM-ONLINE: Kepala Desa Bulaguding, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, dikeroyok sejumlah warga yang melaksanakan shalat Idul Fitri di sebuah masjid, Ahad (24/5/20) pagi. Ia dikeroyok karena bersama aparat mau memberi tahu larangan pelaksanaan shalat Idul Fitri di tengah pandemi.

Pengeroyokan tersebut terekam dalam video berdurasi 2.19 menit. Nampak aparat desa bersama anggota babinkamtibmas dikeroyok sejumlah warga. Adu mulut pun terjadi.

Salah satu warga juga mengejar petugas dan aparat desa hingga tersungkur di jalan.

Kapolsek Bunobogu Iptu M. Hasby mengatakan, saat itu Kepala Desa bernama Hamsah mendatangi Masjid Al Nikmat untuk menghentikan shalat Idul Fitri. Pasalnya daerah tersebut masuk kategori zona merah penyebaran Virus Corona.

“Iya benar, kepala desa bersama anggota saya datang ke lokasi karena kami dapat informasi ada kegiatan ibadah. Padahal daerah tersebut zona merah Virus Corona,” kata Hasby yang dikutip kumparan, Ahad (24/5).

Baca Juga

Hasby menuturkan, kepala desa bersama petugas gugus Covid-19 tidak langsung membubarkan shalat karena sedang berlangsung. Mereka menunggu shalat usai dan menemui tokoh masyarakat setempat.

Namun warga tidak terima dengan kedatangan petugas. Mereka pun mengeroyok kepala desa dan petugas.

“Kami upayakan diskusi bersama warga. Karena kesepakatan gugus Covid-19 kalau zona merah dilarang beribadah seramai itu. Tapi ada warga langsung menyerang,” ujar Hasby.

Hingga saat ini kondisi telah berangsur kondusif. Petugas telah membawa kepala desa ke tempat yang lebih aman. (kumparan)

awefawef98818