Pengungsi Rohingya yang Diselamatkan Nelayan Aceh Negatif Covid-19

Sebanyak 99 pengungsi Rohingya yang memperoleh perlindungan di Lhokseumawe, Aceh utara, mendapatkan makanan, air minum, pakaian dan masker.

SALAM-ONLINE: Seluruh pengungsi Rohingya yang terdampar di lepas Pantai Lancok, Aceh utara, dinyatakan negatif Covid-19, kata seorang pejabat pemerintah daerah saat dikonfirmasi pada Jumat (26/6/20).

Juru bicara Kabupaten Aceh Utara, Andre Prayuda mengatakan tes cepat (rapid test) dilakukan terhadap 99 pengungsi, termasuk 48 wanita, 17 pria dan 34 anak-anak, pada Kamis (25/6) malam.

“Untungnya, hasilnya negatif. Beberapa dari mereka sakit tetapi karena kelelahan,” kata Prayuda kepada kantor berita Anadolu.

Semua pengungsi telah dibawa ke tempat penampungan sementara di Punteut, Lhokseumawe, Aceh utara. Pemerintah setempat juga menyediakan mereka makanan, air minum, pakaian dan masker.

Baca Juga

Pemerintah daerah setempat akan terus memberikan perlindungan dan mengawasi para pengungsi untuk memastikan mereka tetap bebas dari Virus Corona.

Para pengungsi terapung di laut selama hampir tiga bulan. Tiga nelayan setempat pada Rabu (24/6) sore menyelamatkan para pengungsi itu dari kapal mereka yang tenggelam dengan menggunakan kapal perahu nelayan tersebut

Penduduk setempat pun membantu para pengungsi mendarat di pantai, kemudian membawa anak-anak mereka ke darat. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

awefawef99447