Ribuan Massa Gelar Aksi Tolak TKA Cina Masuk Sulawesi Tenggara Pagi Ini

Ilustrasi aksi tolak TKA Cina (Foto: Adtya Pradana/Republika)

SALAM-ONLINE: Ribuan massa akan menolak sekitar 105 TKA asal Cina gelombang kedua yang direncanakan tiba hari ini, Selasa (30/6/20) di Sulawesi Tenggara. Massa akan melakukan aksi demonstrasi menolak kedatangan TKA Cina tersebut.

“Kurang-lebih seribuan massa, dari berbagai elemen dan masyarakat akan melakukan aksi,” ujar Ketua Tamalaki Sultra, Alfian Annas, Senin (29/6/2020) malam.

Massa akan beraksi di perempatan bandara atau Ambaipua, yang merupakan jalur utama bandara, dan Konda, yang merupakan jalur alternatif dari Bandara Halu Oleo untuk ke kota. “Kami membagi dua tempat, yakni Konda dan Ambaipua,” ujarnya.

Alfian Annas menjelaskan rencana aksi yang akan dilakukan besok. Ia pun menjelaskan sejumlah alasan penolakan terhadap TKA Cina itu.

Dikatakannya, tidak ada alasan yang bisa membenarkan kebijakan pemerintah untuk mendatangkan TKA di masa pandemi ini. Apalagi, hingga saat ini, gugus tugas terus memperbarui kasus konfirmasi di Indonesia.

Baca Juga

“Besok (hari ini, red) aksi penolakan terhadap TKA, intinya selama masa Covid ini belum dicabut statusnya dan gugus tugas masih ada maka kami dari Tamalaki wajib menjaga keluarga kami,” tegasnya.

“Kami lebih sayang keluarga kami, maka dari itu tetap TKA dilarang masuk, haram,” tegasnya.

Agenda aksi akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi ini. Gerbang Ranomeeto menjadi titik kumpul massa. Aksi yang dilakukan kali ini juga akan dibagi menjadi dua.

“Kami membagi dua tempat, yakni Konda dan Ambaipua,” kata Alfian. []

Sumber: detik.com

awefawef99465