37 Truk Lembaga Kemanusiaan Turki Bawa Bantuan untuk Warga Suriah di Idlib

IHH mendistribusikan bantuan untuk warga Suriah yang membutuhkan di provinsi Idlib yang masih dilanda perang.

SALAM-ONLINE: Lembaga kemanusiaan Turki, IHH, mengirim bantuan dengan 37 truk ke Idlib, Suriah barat laut, pekan lalu, kata perwakilan badan amal tersebut, Senin (13/7/20), demikian dikutip dari Anadolu Agency (AA).

Selim Tosun, perwakilan dari Humanitarian Relief Foundation (IHH) di Suriah, mengatakan bantuan itu termasuk makanan, perlengkapan kebersihan dan pakaian yang akan didistribusikan ke Suriah utara. Jutaan warga sangat membutuhkan bantuan di wilayah ini karena konflik pejuang revolusi Suriah dengan rezim Basyar Asad dukungan Rusia dan Iran yang masih melanda negara itu.

Tosun mengatakan Turki dan IHH akan terus berada di Suriah dan membantu warga di negara itu yang sangat membutuhkan bantuan.

Suriah dilanda perang sejak Maret 2011 ketika rezim Asad memperlakukan demonstran yang menginginkan perubahan di negara itu dengan tindakan keji.

Baca Juga

Ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta orang terlantar, demikian menurut perkiraan PBB.

Idlib berada dalam zona de-eskalasi (larangan menyerang) yang dibuat berdasarkan kesepakatan antara Turki dan Rusia.

Daerah tersebut telah menjadi subyek dari berbagai pemahaman tentang gencatan senjata, yang sering dilanggar oleh rezim Asad dan sekutunya.

Idlib saat ini menjadi rumah bagi 4 juta warga sipil, termasuk ratusan ribu yang terlantar dalam beberapa tahun terakhir akibat serangan gencar dari pasukan rezim dan sekutunya. (mus)

awefawef99707