Dewan Keamanan PBB Perbarui Bantuan Kemanusiaan ke Suriah Melalui Turki

15 anggota DK PBB mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Suriah melalui satu gerbang perbatasan Turki.

SALAM-ONLINE: Dewan Keamanan PBB (DK PBB) menyetujui pengiriman bantuan kemanusiaan ke Suriah selama satu tahun melalui satu pintu perbatasan Turki.

Dewan yang beranggotakan 15 orang itu mengurangi jumlah pintu masuk untuk pengiriman bantuan dari Turki ke Suriah menjadi satu. Sekarang hanya di Bab al-Hawa, seberang perbatasan Cilvegozu, yang akan tetap terbuka untuk pengiriman bantuan selama satu tahun.

Sebelumnya, Turki telah meminta perpanjangan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2504 untuk satu tahun lagi agar pintu perbatasan Cilvegozu dan Oncupinar tetap terbuka untuk memberikan bantuan ke Suriah.

Sebanyak 300.000 warga Suriah yang rentan di Aleppo utara biasa mendapatkan bantuan PBB melalui Bab al-Salam, yang sekarang ditutup.

Baca Juga

Namun, sekitar 2,8 juta orang di Idlib barat laut akan terus menerima bantuan melalui Bab al-Hawa, yang akan tetap terbuka.

Sebelumnya bantuan kemanusiaan yang dikirim ke Suriah dilakukan melalui empat penyeberangan perbatasan. Namun Rusia menutup perbatasan ar-Ramtha antara Suriah dan Yordania dan al-Yarubiyah (Irak) tahun lalu. (mus)

Sumber: Anadolu

awefawef99683