Kelompok Anti Islam Norwegia Nodai Al-Qur’an, Turki Protes!

Ankara bereaksi atas penodaan kelompok Islamofobia di Norwegia terhadap Kitab Suci Umat Islam, Al-Qur’aanul Kariim.

Kementerian Luar Negeri Turki di Ankara

SALAM-ONLINE: Turki menyatakan protes kerasnya terhadap kelompok Islamofobia di Norwegia yang menodai Kitab Suci umat Islam, Al-Qur’aanul Kariim. Dalam demonstrasi yang diorganisir oleh kelompok sayap kanan yang menggaungkan ‘Hentikan Islamisasi Norwegia’ (SION), di ibu kota Norwegia, Oslo, Sabtu (29/8), seorang demonstran merobek Al-Qur’an dan meludahinya.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Turki, Senin (31/8) mengatakan tindakan seperti itu semestinya dicegah.

Baca Juga

“Memperhatikan bahwa Turki akan melanjutkan perjuangannya melawan gerakan fasis dan rasis, kementerian meminta politisi dan otoritas Eropa untuk menanggapi masalah ini dengan serius dan melakukan upayanya lebih lanjut,” demikian pernyataan Kemenlu Turki yang dilansir Anadolu Agency (AA), Senin (31/8).

“Aksi penistaan terhadap Kitab Suci Umat Islam tersebut makin meningkat dalam beberapa tahun terakhir di negara-negara Skandinavia yang mengklaim bahwa mereka memimpin dalam demokrasi, hak asasi manusia dan supremasi hukum,” lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, Pada Jumat (28/8), Al-Qu’ran dibakar oleh pendukung Rasmus Paludan, pemimpin partai sayap kanan Denmark Stram Kurs, di Kota Malmo, Swedia. (mus)

Baca Juga