Dapat Bantuan Presiden Erdogan, 2 Anak Tunarungu Suriah Bisa Mendengar Lagi

Fatma (kiri) dan Sara

SALAM-ONLINE.COM: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan bantuan kepada dua anak Suriah yang memiliki gangguan pendengaran untuk dirawat di Turki.

Memiliki enam anak, Fares dan istrinya Gusun Afas bermigrasi ke provinsi Kocaeli barat laut Turki dari provinsi Aleppo, Suriah, delapan tahun lalu.

Tiga hari lalu, dengan inisiatif para dermawan, alat bantu dengar dipasang di belakang telinga putri pasangan itu, Fatma, yang berusia 10 tahun.

Mendengar cerita tentang Fatma dan keluarganya, Erdogan pada Rabu (23/9/20) memberikan arahan untuk perawatan putri pasangan lainnya, Sara, yang berusia tiga tahun. Juga masalah gangguan pendengaran.

“Keluarga tersebut diundang ke rumah sakit universitas atas arahan Erdogan,” kata Rektor Universitas Kocaeli, Sadettin Hulagu, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu, Kamis (24/9/20).

Baca Juga

Menurut Hulagu, Sara mengalami gangguan pendengaran bawaan. “Dua bulan kemudian, kami akan memasang alat ke telinga Sara. Pendengarannya akan berfungsi kembali setelah memakai alat bantu dengar,” terang Hulagu.

Dia menjelaskan, setelah mendapatkan perawatan, kemampuan bicara dan pendengaran Sara hampir normal.

Sementara Fatma, ujar Hulagu, dengan alat bantu dengar dapat mendengar suara-suara, tetapi dia mengalami kesulitan dalam berbicara seiring bertambahnya usia. “Kami akan membantunya untuk mengatasi kesulitan itu.”

Eymen Afas, bibi dari anak-anak tersebut, mengatakan Sara mengalami gangguan pendengaran bawaan. Tetapi kakak perempuannya, Fatma, kehilangan kemampuan pendengarannya setelah terjadi ledakan hebat di Aleppo. Eymen berterima kasih kepada Erdogan karena telah membantu perawatan keponakannya. (mus)

Anadolu

awefawef100943