Emir Kuwait Wafat dalam Usia 91 Tahun

Syaikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah

SALAM-ONLINE.COM: Emir Kuwait yang berusia 91 tahun Syaikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah meninggal pada Selasa (29/10/2020) di sebuah rumah sakit di AS.

“Dengan kesedihan yang luar biasa, kami berduk atas wafatnya Saikhh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah, Emir Negara Kuwait,” kata Syaikh Ali Jarrah Al Sabah, menteri yang bertanggung jawab atas urusan kerajaan, dalam siaran televise yang dikutip Middle East Monitor (MEMO), Selasa (29/9).

Syaikh Al Sabah tiba di AS pada Juli lalu untuk menjalani perawatan.

Baca Juga

Al Sabah menjadi Emir Kuwait pada Januari 2006 setelah pendahulunya, Syaikh Jaber Al Sabah, meninggal. Sebelum diangkat sebagai Emir, Syaikh Al Sabah menjabat sebagai menteri luar negeri negara Teluk itu antara 1963-2003 dan kemudian menjadi perdana menteri.

Dia dikenal sebagai pendukung inisiatif perdamaian di Timur Tengah, mengadakan pembicaraan untuk mengakhiri perang yang sedang berlangsung di Yaman dan blokade di Qatar.

Di bawah pemerintahannya, Kuwait mempertahankan dukungannya terhadap perjuangan Palestina dan menolak untuk menormalisasi hubungan dengan Zionis penjajah. (mus)

awefawef101005