Menuju UEA, Pesawat Delegasi Zionis Terbang di Atas Wilayah Udara Saudi

Wanita Zionis mengambil foto pesawat El Al, menjelang penerbangan komersial pertama dari wilayah jajahan Zionis di Bandara Ben Gurion. Tel Aviv, menuju UEA, pada 31 Agustus 2020 (Foto: HEIDI/ LEVINE/POOL/AFP)

SALAM-ONLINE: Sebuah pesawat yang membawa delegasi Zionis penjajah dan AS menuju Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (31/8/2020) melintas terbang di atas udara Arab Saudi, demikian menurut sumber yang mengetahui rencana perjalanan tersebut, lapor Reuters.

Maskapai penerbangan “El Al” itu akan membawa pejabat AS, termasuk menantu sekalogus penasihat Presiden AS Donald Trump Jared Kushner, Perdana Menteri penjajah Benjamin Netanyahu, Penasihat Keamanan Nasional Zionis Meir Ben-Shabbat, bersama awak media, menuju Abu Dhabi, UEA, untuk melakukan pembicaraan terkait pakta kesepakatan membangun hubungan terbuka antara Uni Emirat Arab dan Zionis penjajah.

Penerbangan tersebut mendapatkan izin untuk melintas di wilayah udara Arab Saudi. Padahal biasanya untuk pesawat Zionis penjajah dilarang melintas di atas wilayah negara yang di dalamnya ada dua Masjid Suci tersebut.

Kushner sendiri menggambarkan penerbangannya itu sebagai “damai” bersejarah yang disaksikan oleh semua warga Arab dan dunia Islam. Karena itulah pesawat delegasi Zionis tersebut memasang tulisan “damai” dalam bahasa Arab, Inggris dan Ibrani.

Baca Juga

“Inilah waktu yang penuh harapan. saya percaya akan banyak perdamaian dan kemakmuran yang mungkin terjadi di wilayah ini dan dunia,” demikian ocehan Kushner yang dikutip kantor berita Anadolu, Senin (31/8).

Kesepakatan yang dimediasi AS antara UEA dengan Zionis itu telah menimbulkan spekulasi bahwa negara-negara Teluk Arab yang didukung AS mungkin akan menyusul untuk membangun hubungan dengan penjajah Tanah Palestina tersebut. Seorang anggota senior keluarga kerajaan Saudi mengatakan bulan ini bahwa Riyadh hanya akan menormalisasi hubungan dengan Zionis setelah pembentukan negara Palestina.

Pada 2018, Netanyahu melakukan kunjungan mendadak ke Oman dengan jadwal ketat. Penerbangan Netanyahu itu pesawatnya juga melintas di atas udara Arab Saudi. Netanyahu dan para pembantunya menolak memberikan rincian tentang rute itu. (mus)

Sumber: Reuters, Anadolu

Baca Juga