Rakyat Mesir Turun ke Jalan, Tuntut Sisi Mundur!

SALAM-ONLINE: Rakyat Mesir turun ke jalan di seluruh negeri itu setelah shalat Jumat. Rakyat menuntut Presiden hasil kudeta berdarah, Abdel-Fattah al-Sisi, agar mundur.

Beberapa aktivis media sosial Mesir membagikan rekaman demonstrasi di Kairo, Al-Jiza dan Luxor. Unjuk rasa digelar untuk merespons seruan dari pengusaha Mesir yang diasingkan, Mohammad Ali, yang menuntut agar al-Sisi turun dari tahta yang direbutnya lewat kudeta berdarah terhadap Presiden Mohammad Mursi Rahimahullah yang terpilih secara sah dan demokratis.

Menurut Kantor Berita Anadolu, Jumat (25/9/20), ini adalah hari keenam unjuk rasa menentang rezim kudeta yang akrab dengan Zionis Yahudi itu di tengah kondisi kehidupan di Mesir yang makin memburuk.

Mohammad Ali menyeru warga Mesir di halaman Facebook-nya agar menggelar aksi turun ke jalan pada Jumat (25/9/20) untuk melawan rezim al-Sisi yang korup dan otoriter.

Baca Juga

Pasukan keamanan rezim ilegal Mesir melancarkan penangkapan acak di jalan-jalan, termasuk menggeledah ponsel pejalan kaki untuk mencari foto pengunjuk rasa.

Al-Sisi berkuasa di Mesir pada Juli 2013, setelah dia melakukan kudeta berdarah terhadap presiden pertama yang terpilih secara sah dan demokratis di negara itu, yaitu Dr Mohammad Mursi Rahimahullah (67). Mursi dan sejumlah tokoh serta ribuan simpatisan Ikhwanul Muslimin ditangkapi.

Masih berstatus sebagai tahanan rezim ilegal Mesir, Mursi kemudian meninggal setelah pingsan saat tampil di pengadilan dagelan (sandiwara) Kairo pada Senin, 17 Juni 2019 lalu. (mus)

awefawef100952