Pertemuan Rahasia MBS & Netanyahu Bocor, Saudi Batalkan Kunjungan Pemimpin Mossad

Benjamin Netanyahu dan Mohamed Bin Salman (MBS)

SALAM-ONLINE.COM: Arab Saudi tiba-tiba membatalkan kunjungan seorang pejabat penjajah Zionis pekan lalu. Pejabat penjajah itu disebut sebagai pemimpin Mossad—badan intelijen Zionis.

Pembatalan ini terjadi setelah pihak Zionis sendiri, yaitu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, membocorkan informasi tentang pertemuan rahasianya dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) di hadapan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Neom, Saudi, kurang dari dua pekan lalu.

Harian Zionis Yedioth Ahronoth mengutip sumber yang menyatakan bahwa pejabat yang kunjungannya ke Arab Saudi telah dibatalkan, adalah Kepala Mossad Yossi Cohen. Cohen dianggap sebagai tokoh kunci dalam hubungan antara kedua belah pihak, “yang membuat pembatalan undangan menjadi peristiwa yang sangat penting”.

Surat kabar tersebut seperti dilansir Middle East Monitor (MEMO), Sabtu (5/12/2020) mengungkapkan bahwa pembatalan kunjungan itu terjadi setelah Netanyahu membanggakan pertemuannya dengan Bin Salman di Arab Saudi, hanya beberapa hari sebelum pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh pada 27 November lalu.

Menurut Arab48, surat kabar itu juga mengutip sumber-sumber yang mengklaim bahwa pembatalan undangan pejabat penjajah tersebut dimotivasi oleh ketidakpuasan Arab Saudi dengan kinerja Zionis.

Harian Yedioth Ahronoth itu menekankan bahwa ini bukan pertama kalinya Netanyahu membocorkan pertemuan rahasia. Dalam beberapa tahun terakhir, dia secara bertahap melanggar protokol kerahasiaan terkait dalam hubungan luar negeri dan penanganan masalah keamanan yang paling sensitif.

Baca Juga
Benjamin Netanyahu (kiri) dan Kepala Badan Intelijen Mossad, Yossi Cohen

Beberapa hari lalu, The Economist melaporkan rasa puas, baik Riyadh maupun penjajah, setelah media Ibrani membocorkan berita tentang pertemuan tripartit yang diadakan secara sembunyi-sembunyi di kerajaan antara Bin Salman, Netanyahu dan Pompeo.

Surat kabar Ibrani, Haaretz, mengutip sumber informasi yang mengungkapkan bahwa Cohen juga turut dalam pertemuan tersebut.

Perusahaan Penyiaran Publik Zionis (Kan) mengindikasikan bahwa Netanyahu dan Cohen berangkat dengan pesawat pribadi dari bandara Ben Gurion, dekat Tel Aviv, menuju Neom, Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri Saudi Faisal Bin Farhan membantah berita tentang pertemuan putra mahkota dengan para pejabat Zionis dalam kunjungan Pompeo baru-baru ini ke kerajaan itu. Dia menekankan bahwa hanya pejabat AS dan Saudi yang hadir dalam pertemuan tersebut. (mus)

awefawef102129