Teroris YPG/PKK Jual Minyak ke Wilayah Rezim, Warga Suriah Protes

SALAM-ONLINE.COM: Warga Arab di Suriah timur pada Sabtu (5/12/2020) memprotes kelompok teror YPG/PKK yang menjual ratusan truk minyak setiap hari ke wilayah di bawah kendali rezim Basyar Asad sehingga mereka hidup tanpa bahan bakar.

Warga Suriah yang tinggal di Provinsi Deir ez-Zor, seperti dilansir Kantor Berita Anadolu, Sabtu (5/12), mendesak kelompok teror itu untuk mengakhiri pendudukan ladang minyak di wilayah tersebut.

Menurut sumber lokal, sekitar 1.000 warga berkumpul di pedesaan Deir ez-Zor, Sabtu. Mereka menggelar unjuk rasa untuk melawan organisasi teror berhaluan Marxis-Leninisme-Komunisme tersebut.

Deir ez-Zor adalah penghubung utama antara Iran dan Lebanon. Jaringan pipa dan jalur perdagangan dari Irak dan Yordania juga melewati provinsi tersebut.

Baca Juga

Dengan bantuan Rusia dan milisi yang didukung Iran, bagian tengah dan barat Deir ez-Zor jatuh ke tangan rezim Basyar Asad setelah kelompok teror Daesh/ISIS mundur dari wilayah tersebut pada November 2017.

Deir ez-Zor, yang berbatasan dengan tepi timur Sungai Efrat, saat ini berada di bawah kendali kelompok teror YPG/PKK.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK—yang oleh Turki, AS dan Uni Eropa dimasukkan dalam daftar organisasi teror—bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang Turki, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. YPG sendiri merupakan sayap (cabang) PKK di Suriah. (mus)

awefawef102115