Setelah Rekonsiliasi, Pesawat Pertama Saudi Mendarat di Qatar

Maskapai penerbangan Arab Saudi untuk pertama kalinya mendarat di Bandara Internasional Hamad Qatar pada Senin (11/1/2021) malam setelah dicapainya rekonsiliasi pekan lalu. Sebelumnya empat negara yang dipimpin Saudi memblokade Qatar. Blokade udara, laut dan darat sejak 2017 itu pun berakhir. (Foto: Anadolu Agency)

SALAM-ONLINE.COM: Maskapai berbendera Arab Saudi mendarat di Bandara Internasional Hamad Qatar Senin (11/1/2021) malam untuk pertama kalinya sejak 2017 setelah kedua negara menandatangani kesepakatan rekonsiliasi, lapor Anadolu News Agency, Selasa (12/1/21).

“Setelah dimulainya kembali penerbangan antara #Riyadh dan #Doha, @Saudi_Airlines pertama tiba di @HIAQatar malam ini. #SAUDI,” kata maskapai milik negara Qatar Airways di Twitter seraya membagikan foto penumpang Saudi yang masuk.

Penerbangan dari kota Jeddah dan Dammam di Arab Saudi juga akan dilanjutkan dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga

Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain juga mengumumkan bahwa pesawat penumpang milik Qatar Airways menggunakan wilayah udara mereka.

Pekan lalu, Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir menandatangani kesepakatan rekonsiliasi dengan Qatar saat KTT Dewan Kerjasama Teluk (GCC) digelar di Kota Al-Ula, Saudi.

Perjanjian tersebut mengisyaratkan diakhirinya blokade empat negara Arab pimpinan Saudi yang diberlakukan untuk Qatar sejak 2017 di tengah tuduhan bahwa Doha mendukung kelompok-kelompok teroris—sebuah klaim yang oleh Qatar dibantah dengan keras. (S)

Baca Juga
awefawef102501