Setelah Ledakan di Luar Bandara Kabul Pekan Lalu, Pasukan AS Bunuh Warga Sipil

Kerumunan warga di Bandara Kabul di tengah penjagaan ketat tentara AS. (Foto: AFP)

SALAM-ONLINE.COM: Tentara AS menembak dan membunuhi warga sipil saat dalam kepanikan setelah ledakan mematikan yang menurut militer AS dilakukan oleh “ISIS-K” pekan lalu di dekat Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, ibu kota Afghanistan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid memberikan informasi terkait penembakan dan pembunuhan yang dilakukan tentara AS itu terhadap warga sipil Afghan.

“Sebuah laporan yang kami terima mengindikasikan bahwa tentara AS menembaki kerumunan setelah serangan di bandara Kabul. Ada banyak orang. Oleh karena itu, warga sipil—termasuk perempuan dan anak-anak—kehilangan nyawa mereka,” kata Zabihullah Mujahid kepada Anadolu Agency, Senin (31/8/2021).

Baca Juga

Mujahid menyatakan, tidak ada organisasi yang memiliki alasan tersisa untuk berperang setelah penarikan penuh pasukan asing dari negara tersebut dan pembentukan pemerintahan baru. Dia mencatat bahwa mereka yang beroperasi di bawah “ISIS-K” di negara tersebut tidak berasal dari Irak atau Suriah, tetapi mereka dari Afghanistan sendiri.

Dia menambahkan bahwa anggota Taliban berhasil memberikan keamanan dan dapat mengatasi kelompok-kelompok seperti “ISIS”.

“Meninggalkan perang 20 tahun di belakang, Taliban mampu mengumpulkan intelijen yang tepat dan akurat,” kata Mujahid. Dia menegaskan vahwa pihaknya tidak memerlukan dukungan dari negara mana pun dalam perjuangan mereka melawan “ISIS”. (mus)

Baca Juga