Turki Siap Bantu Pemulihan Afghanistan

Wartawan berfoto bersama Presiden Recep Tayyip Erdogan (duduk, tengah) di dalam pesawat, Ahad (29/8/2021) di Ankara, Turki, setelah mengikuti kunjungan sang Presiden ke Bosnia & Herzegovina dan Montenegro.(Foto: Murat Cetinmuhurdar/Anadolu Agency)

SALAM-ONLINE.COM: Turki siap membantu pemulihan Afghanistan. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, 40 juta orang di negara yang dilanda perang itu tidak dapat lagi memikul beban ini.

“Yang menjadi perhatian kami sebagai Turki adalah: Afghanistan harus pulih dengan cepat… Kami siap memberikan semua jenis dukungan untuk persatuan dan solidaritas Afghanistan selama kami mendapatkan pendekatan yang sama darinya,” kata Erdogan kepada wartawan di Ankara usai kunjungannya ke Bosnia-Herzegovina dan Montenegro, demikian dilansir Kantor Berita Anadolu, Ahad (29/8).

Baca Juga

Taliban menguasai sebagian besar Afghanistan dalam serangan kilat baru-baru ini, kemudian mengambil alih ibu kota Kabul pada 15 Agustus lalu. Penguasaan Taliban atas Kabul memaksa Presiden Ashraf Ghani dan pejabat tinggi lainnya meninggalkan negara itu.

Namun pada Kamis (26/8), dua ledakan bom bunuh diri di luar Bandara Kabul, memperparah krisis internasional di negara tersebut. Selain dua ledakan di luar bandara, beberapa bom lainnya juga meledak di ibu kota Kabul. Kelompok Daesh/ISIS-K mengaku di balik serangan bunuh diri tersebut. (S)

Baca Juga