Dua Lembaga Kemanusiaan Turki Salurkan Bantuan untuk Warga Afghanistan

SALAM-ONLINE.COM: Dua lembaga kemanusiaan Turki mendistribusikan bantuan makanan kepada sekitar 1.260 keluarga di Afghanistan dalam beberapa hari terakhir.

Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) dan Fetih Humanitarian Relief Foundation menyalurkan bantuan pangan kepada masyarakat kurang mampu di berbagai kota dan Provinsi Afghanistan.

Kepada Kantor Berita Anadolu, Mahfuzullah Yoldas, salah satu pejabat yang bekerja untuk Kizilay di negara yang dilanda perang, mengatakan 350 keluarga di Provinsi Bamyan, 300 di provinsi Kapisa, 50 di Kabul dan 300 di Ghazni menerima paket bantuan.

“Bantuan yang disalurkan Bulan Sabit Merah Turki berjumlah 2.000 paket sembako,” kata Yoldas, Senin (1/11/2021), seraya menambahkan sebanyak 4.000 keluarga akan menerima paket sembako pada pekan depan.

Ribuan keluarga telah mengungsi karena konflik di Afghanistan. Taliban mengambil alih kekuasaan pada 15 Agustus lalu dan menyatakan perang telah berakhir. Taliban telah membentuk pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Hassan Akhund.

Baca Juga

Kerusuhan membuat hampir 700.000 orang mengungsi tahun ini, menurut Badan Pengungsi PBB.

Sementara itu, Yayasan Bantuan Kemanusiaan Fetih membagikan paket bantuan kepada 260 keluarga Afghanistan di Provinsi Wardak dan Kota Jalalabad.

“Kami telah membagikan paket sembako kepada 725 keluarga di Kabul. Sebagai kelanjutan dari ini, kami membagikan paket sembako kepada 150 anak yatim di Maidan Wardak dan 110 keluarga di kota Jalalabad,” tutur Ketua Yayasan Bantuan Kemanusiaan Fetih, Yilmaz Bulat, kepada Anadolu.

“Di banyak bagian Afghanistan, orang bahkan tidak memiliki roti. Bantuan harus ditingkatkan sebelum musim dingin tiba. Makanan dan pakaian musim dingin harus segera dikirim ke wilayah ini,” kata Yilmaz Bulat. (mus)

Baca Juga
awefawef104930