Mahasiswa RI Kenalkan ‘Indonesia Halal Food’ di Food Festival Pakistan

SALAM-ONLINE.COM: Mahasiswa Indonesia di Pakistan mengikuti acara “Food Festival” di Fatimah Jinnah Park, F-9 Sector, Islamabad, Sabtu (13/11/21).

Kegiatan yang bernama “Family Gala & Food Festival” itu digelar oleh Islamabad Traffic Police (ITP), salah satu Badan Kepolisian Lalu Lintas di Islamabad.

Dalam acara tersebut, Mahasiswa Indonesia mencoba mengenalkan makanan khas dari Indonesia. Makanan seperti Nasi Goreng, Rendang, Bakso, Sate Ayam disajikan pada perhelatan tahunan itu.

“Kami ingin mengenalkan masakan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah supaya dikenal oleh warga lokal Pakistan,” ungkap Ilham Warisman, salah seorang mahasiswa Indonesia yang juga pemilik Rumah Makan (RM) Andalas di Islamabad.

Andalas merupakan kedai sederhana yang dirintis oleh mahasiswa Magister Arab di International Islamic University of Islamabad (IIUI) ini selama kurang lebih 4 tahun ia tinggal di Islamabad, Pakistan.

Selain alasan tersebut, Warisman yang akrab disapa Pak Cik ini juga ingin mengenalkan tradisi “Indonesia Halal Food” kepada pengunjung yang datang.

“Sebab masih ada beberapa pengunjung yang meragukan tentang status kehalalan makanan Indonesia selama ini, terbukti masih sering pengunjung menanyakan tentang kehalalan itu,” terang mahasiswa asal Minang ini.

Baca Juga

Kehadiran RM Andalas ini, ujar Pak Cik, juga ingin menyiarkan bahwa Indonesia kuat memperhatikan tentang tren makanan halalnya.

“Di Indonesia punya lembaga khusus pemeriksa kehalalan makanan, bahkan kosmetik yang dikelola oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) namanya,” terangnya kepada salah seorang pengunjung yang datang.

Nampak para pengunjung yang datang menikmati sajian makanan Indonesia yang dijual pada acara tersebut.

“Sangat enak, dan cocok di lidah kami,” ujar Nouman, salah seorang pengunjung asal Pakistan usai mencicipi sate ayam.

Acara tersebut berlangsung 2 hari, dari Sabtu (13/11/21) sampai Ahad (14/11/21). Selain di Islamabad, RM Andalas juga mengikuti acara semisal yang diadakan oleh Rawalpindhi Chamber of Commerce & Industry (RCCI) di Ayub Park, Rawalpindhi. (Ali Muhtadin, Pakistan)

Baca Juga