PBB Tegaskan Lagi Perlunya Minta Pertanggungjawaban Para Pembunuh Khashoggi

Jurnalis senior Jamal Khashoggi, dibunuh pada 2 Oktober 2018 di Gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul

SALAM-ONLINE.COM: PBB pada Rabu (8/12/2021) menegaskan perlunya meminta pertanggungjawaban mereka yang dituduh membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, lapor Middle East Monitor (MEMO).

Sebelumnya pada Selasa (7/12/21), media Prancis mengutip sumber peradilan dalam laporan bahwa polisi di Bandara Roissy-Charles de Gaulle di utara Paris telah menangkap Khalid Al-Otaibi (33), berdasarkan surat perintah penangkapan internasional yang dikeluarkan oleh Turki. Dia ditahan tepat sebelum dia dijadwalkan naik pesawat menuju Riyadh, Saudi.

Mengomentari penangkapan Al-Otaibi, Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengatakan, “Kami sedang menghadapi proses peradilan yang tengah berlangsung saat ini.”

Baca Juga

Al-Otaibi diduga sebagai salah satu dari 20 anggota regu pembunuh Saudi yang membunuh kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi.

Pada September 2020, pengadilan Saudi menghukum “orang yang tidak disebutkan namanya”. Mereka dinyatakan bersalah atas pembunuhan terhadap Khashoggi dengan hukuman penjara mulai dari tujuh hingga 20 tahun. (mus)

Sumber: MEMO

Baca Juga