Saran Rizal Ramli untuk Joko Widodo: Belajar Terima Kasih, Jangan Sok-sok-an Jadi King Maker

Rizal Ramli dan Joko Widodo

SALAM-ONLINE.COM: Sejumlah saran penting disampaikan ekonom senior DR Rizal Ramli untuk Presiden Joko Widodo yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2024. Saran diberikan agar Presiden Joko Widodo tidak meninggalkan citra yang buruk.

Saran pertama, Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu meminta Joko Widodo untuk mulai tahu diri dan banyak berterima kasih.

“Jangan lagi sok-sok-an main-main king maker,” kata Rizal Ramli saat Diskusi Detik Adu Perspektif yang digelar Rabu (3/8/2022).

“Belajar berterima kasih kepada Prabowo yang mendukung dan membiayai pemilihan Jokowi jadi Gubernur DKI. Juga berterima kasih kepada Megawati yang telah mendukung Jokowi jadi Presiden 2014 dan 2019 dengan tidak mendukung calon boneka yang tidak disetujui Megawati,” ujarnya.

Baca Juga

Kedua, pria yang akrab disapa RR ini meminta Joko Widodo untuk kembali fokus ke Trisakti, yang telah diabaikannya selama 7 tahun berkuasa.

Selanjutnya, Joko Widodo juga perlu memerintahkan menteri-menterinya untuk fokus menyelesaikan masalah yang membuat rakyat hidup susah, bukan malah sibuk kampanye wara-wiri.

Terakhir, Rizal Ramli menyarankan Joko Widodo melakukan langkah untuk mengembalikan demokrasi yang bersih dan amanah dengan cara mendorong penghapusan threshold 20 persen.

“Kembali sesuai dengan UUD, yaitu tidak ada threshold (0 persen). Capres-capres dicalonkan oleh partai yang ikut Pemilu! Jika langkah itu dilakukan, maka Joko Widodo akan meninggalkan legacy yang bersejarah dan bisa mengurangi risiko pasca-Jokowi,” tutupnya. (rmol)

Baca Juga
awefawef108670