UNRWA: Lebih dari 40% Warga Gaza Sangat Rawan Pangan

Relawan terlihat menyiapkan bantuan yang akan disalurkan oleh UNRWA kepada pengungsi Palestina di Kamp Pengungsi Jibalya di Kota Gaza pada 3 Januari 2023 [Mustafa Hassona/Anadolu Agency]
SALAM-ONLINE.COM: UNRWA, sebuah badan bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina mengungkapkan, lebih dari 40 persen warga Gaza sekarang sangat rawan pangan.

”Itu berarti mereka secara teratur menjalani hari tanpa makanan,” tegas UNRWA dalam sebuah laporan baru pada Rabu (11/1/2023), The Palestine Information Center melaporkan, sebagaimana dilansir Middle East Monitor (MEMO), Jumat (13/1.

“Setelah 16 tahun blokade darat, udara dan laut, kehidupan di Gaza menjadi semakin mengerikan,” kata UNRWA.

Situasi ini makin diperparah oleh siklus permusuhan yang berulang, meningkatnya ketegangan dan kekerasan, ketidakstabilan politik dan pandemi COVID-19.

Baca Juga

“Bersama-sama, faktor-faktor ini telah mengacaukan kehidupan individu dan komunitas dan semakin meningkatkan kesulitan yang mereka hadapi. Gaza sangat membutuhkan ‘dukungan hidup’. Sekitar 80 persen populasi di Gaza bergantung pada bantuan kemanusiaan,” ungkap badan pengungsi PBB itu menggarisbawahi.

Saat ini, tiga dari empat warga Gaza bergantung pada bantuan pangan darurat. Dan, terlepas dari dukungan ini, tingkat kerawanan pangan meningkat.

“Dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang sangat tinggi, kondisi kemanusiaan yang sudah rapuh terancam semakin memburuk,” demikian UNRWA. (mus)

Baca Juga
awefawef109357