Bank Syariah Diminta Terapkan Sistem Islam Secara Total

JAKARTA (salam-online.com): Bank-bank syariah diminta berhenti sekadar menggunakan simbol-simbol syariah dalam transaksi perbankan.

Kasus BRI Syariah dengan seniman Butet Kertaradjasa berkaitan dengan produk Gadai Emas setidaknya menjadi contoh bahwa bank-bank syariah masih menggunakan simbol Islam untuk merebut segmentasi pasar umat Islam.

“Tetapi belum berani memprakt[kkan nilai-nilai dalam ekonomi Islam secara totalitas,” jelas pengamat ekonomi Dahnil Anzar Simanjuntak kepada RMOnline, Sabtu (15/9/2012).

Butet berniat mengajukan gugatan class action terhadap BRI Syariah karena merasa tertipu dengan produk tersebut. Tapi, pihak BRI Syariah mengaku hal itu terjadi hanya karena ada salah paham.

Soal bank-bank syariah belum menerapkan prinsip Islam secara total, Dahnil mencontohkan lagi, yaitu terkait substansi dari perbankan Islam, loss and profit sharing atau mudharabah atau bagi hasil.

Tetapi pada praktiknya bank-bank Islam sedikit sekali yang berani menggunakan akad mudharabah dalam kegiatan perbankannya.

Baca Juga
Dahnil Anzar Simanjuntak

“Rata-rata perbankan Islam masih menggunakan akad mudharabah sebanyak 10% dalam praktik kegiatannya, sehingga substansi dan hakikat perbankan Islam justru tergerus,” sambung dosen FE Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten ini.

Ditambah lagi, Dewan Pengawas Syariah di bank-bank Islam tidak berfungsi secara maksimal. Karena itu Bank Indonesia harus melakukan rekonstruksi dan pengawasan yang lebih ketat berkaitan dengan operasional perbankan Islam bersama Dewan Ppengawas Syariah Nasional agar praktik-praktik  perbankan Islam sesuai dengan substansi nilai-nilai ekonomi Islam.

“Sehingga bank-bank syariah ini tidak justru mereduksi nilai-nilai hakiki ekonomi Islam,” demikian Dahnil. (rmol/salam-online)

Baca Juga