Protes Film Anti Islam, Penjara Yunani Rusuh

ATHENA (salam-online.com): Kerusuhan meletus di satu penjara Athena, Yunani, minggu malam (23/9/2012) waktu setempat, ketika puluhan tahanan menolak kembali ke sel mereka setelah protes umat Islam terhadap satu film Amerika yang menghina Nabi Muhammad Shallallau ‘Alaihi wa Sallam. Demikian laporan media setempat.

Tak ada laporan mengenai mengenai orang yang cedera atau kerusakan materil dalam protes tersebut.

Beberapa sumber polisi mengonfirmasi gangguan di Penjara Korydallos berawal ketika sekelompok tahanan Muslim melancarkan protes. Mereka membakar selimut di halaman sambil meneriakkan slogan anti-Amerika.

Beberapa jam sebelumnya sebanyak 800 orang Muslim berpawai di pusat kota Athena guna memprotes film anti-Islam, dan sempat bentrok dengan polisi.

Baca Juga

Menurut laporan media Yunani, sebagaimana dikutip Xinhua pagi ini, tahanan yang bergabung dengan tahanan Muslim memprotes kondisi penjara yang kelebihan penghuni dan pemotongan anggaran di penjara itu di Yunani, yang dirongrong utang.

Pasukan polisi anti-huru-hara telah dikerahkan ke daerah tersebut untuk membantu penjaga-penjara jika tahanan tetap melancarkan protes hingga malam hari.

Film kontroversial buatan AS “Innocence of Muslims”, yang menghujat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, memicu protes luas di berbagai negara Muslim. (antara)

Baca Juga