Ustadz Fuad Al-Hazimi: “Orang Sholeh yang Diam Saja Melihat Kemungkaran Akan Mendapat Azab Allah”

Ustadz Fuad Al-Hazimi

SEMARANG (salam-online.com): Masih dalam suasana Idul Fitri, Laskar Umat Islam Semarang (LUISS), Sabtu (1/9/2012) jam 20.00WIB mengadakan kegiatan halal bihalal.

Kegiatan diadakan di Masjid Al-Hikmah, Jl. Suyudono, Semarang, yang juga merupakan Markas LUISS, dihadiri kurang lebih 50 orang. Kegiatan ini dirasa cukup positif untuk menjalin ukhuwah dan meningkatkan semangat kebersamaan dalam beramar ma’ruf nahi mungkar.

“Acara ini kami adakan guna menjalin ukhuwah dan meningkatkan semangat kebersamaan antara ikhwan dalam beramar ma’ruf nahi mungkar, khususnya di Semarang atau pun luar kota Semarang, ” papar Abu Ibrahim selaku Ketua LUISS.

Dalam acara tersebut juga disampaikan taushiah oleh Ustadz Fuad Al-Hazimi dari Grabag, Magelang. Dalam salah satu taushiahnya, Ustadz Fuad menyampaikan terbaginya manusia dalam tiga kelompok dalam hal Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

“Di dalam surah al-A’raf 164-166, tentang perintah larangan (bagi orang-orang Yahudi) untuk mencari ikan di hari sabtu. Ini pelajaran berharga tentang tiga kelompok manusia. Kelompok pertama, yang bermaksiat kepada Allah. Kelompok kedua, yang tidak bermaksiat kepada Allah tetapi mendiamkan orang yang bermaksiat kepada Allah. Kelompok ketiga, yang tidak bermaksiat kepada Allah dan mengingatkan orang yang bermaksiat kepada Allah,” jelasnya.

Baca Juga

“Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: Mengapa kamu menasihati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?”

Banyak kan orang berkata seperti dalam ayat ini, “Mbok sudah biarkan saja itu kan urusan mereka, nanti mereka sendiri yang akan merasakan akibatnya di dunia dan di akhirat. Allah nanti yang akan menghancurkan mereka, Allah yang akan mengazab mereka.”

Maka orang-orang ini menjawab: (kami mengingatkan orang-orang yang bermaksiat dan mengajak mereka kepada kebaikan), pertama sebagai bentuk udzur (alasan) nanti di hadapan Allah, ya Allah kami sudah sampaikan, ya Allah kami sudah memperingatkan, jangan Engkau mengazab kami, karena kami sudah melakukan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Yang kedua, agar mereka bertaqwa,” kata Ustadz Fuad Al-Hazimi yang pernah menjadi imam salah satu masjid besar di Australia.

“Maka ketika mereka lupa dengan apa yang diperingatkan kepada mereka, kami selamatkan orang-orang yang mencegah dari kemungkaran. Dan kami mengazab orang-orang yang zalim dengan azab yang pedih. Jadi yang di selamatkan oleh Allah hanya kelompok ketiga, yang Nahi Mungkar. Yang sholeh tapi diam saja, diazab oleh Allah dan termasuk golongan orang-orang yang zalim. Maka jangan tenang-tenang, toh saya sholeh, toh saya gak ikut maksiat, tapi diam saja melihat maksiat, maka kita masuk kedalam kelompok yang zalim,” tambahnya.

Acara diakhiri sekitar jam 22.00WIB. Ditutup dengan bersalam-salaman dan berpelukan antar ikhwan. Suasana dalam Masjid terasa sangat haru dan penuh dengan semangat kebersamaan. (LUISS/salam-online.com)

Baca Juga