Mahasiswa Indonesia di Swiss Gelar Aksi Tidur di Jalan Protes Serangan Israel ke Gaza

SALAM-ONLINE.COM: Mahasiswa Indonesia di Swiss menggelar aksi tidur di depan Heiliggen Kirche di pusat kota Bern. Aksi ini sebagai protes atas agresi Israel terhadap Gaza, Palestina. Demikian pernyataan resmi Kedutaan Besar RI di Swiss.

“Tepat pada pukul 18.30 waktu setempat, Rabu (22/11/2012), sebanyak 20 orang mahasiswa Indonesia di Bern melakukan aksi damai menentang agresi militer Israel dengan melakukan aksi tidur di jalan tepat di depan Heiliggen Kirche,” kata Sekretaris Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Mohammad Budiman Wiriakusumah, dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Budiman mengatakan aksi yang dilakukan selama kurang lebih 15 menit itu merupakan bentuk protes dan keprihatinan mahasiswa Indonesia atas agresi militer Israel ke Palestina khususnya ke daerah Gaza.

Menurut salah seorang anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Swiss yang mengikuti aksi damai itu, Abraham Wirotomo, ajakan untuk melakukan protes tersebut dilaksanakan karena tampaknya dunia absen untuk melakukan sesuatu.

“Sementara pasukan Israel melakukan pembantaian atas penduduk Palestina dan menyebabkan beberapa ratus warga Palestina yang umumnya adalah warga sipil telah tewas,” kata Abraham.

Baca Juga

Aksi solidaritas yang dilakukan dengan bertiduran telentang di jalan ini diikuti pula oleh mahasiswa lain dari Universitas Bern yang bersimpati kepada Palestina.

“Karena aksi simpatik dilakukan pada waktu jam pulang kerja, maka mendapat perhatian dari masyarakat Bern di sekitar stasiun pusat kota itu,” kata Abraham.

Mahasiswa Indonesia yang bermukim di Bern pada umumnya adalah mereka yang menerima beasiswa dari Universitas Bern.

Mahasiswa tersebut, juga yang tergabung dalam PPI Swiss sangat prihatin akan kejadian-kejadian dunia yang aktual, dan selalu mendapatkan kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya dengan melakukan aksi damai. (isa)–antara

Baca Juga