Menentang Penjajah Israel, HMI Demo Kedubes AS, 12 Ditahan

JAKARTA (SALAM-ONLINE.COM): Selain Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta jadi sasaran demonstrasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menentang aksi militer Israel atas Jalur Gaza, Palestina.

Aksi tersebut berakhir ricuh, para pendemo yang melempari Kedubes dengan batu terlibat konfrontasi dengan ratusan aparat kepolisian yang berjaga. Akibatnya, korban luka jatuh dari pihak aparat juga mahasiswa.

Buntut dari insiden itu, polisi mengamankan 12 pendemo di dalam mobil polisi yang dikunci di depan Kedubes. “Mereka melakukan aksi lempar batu. Ada 12 yang ditahan,” kata salah satu petugas.

Berdasarkan pantauan, beberapa dari mereka yang ditahan dalam kondisi luka. “Nama saya Rosid, sopir mobil komando demo,” kata seorang yang ditahan kepada Liputan6.com, Rabu (21/11/2012). Ada luka di pelipis kirinya.

Baca Juga

Belum lagi berhasil mengorek keterangan lebih banyak, polisi datang, wartawan dilarang mendekati mobil berisi para pendemo yang ditahan.

Sementara, mobil komando demo, Daihatsu Gran Max bernomor polisi B 9089 PAA masih diparkir dekat mobil polisi.

Protes menentang agresi penjajah Israel tak hanya dilakukan di Indonesia, juga sejumlah negara lainnya. Hingga hari ini sudah delapan hari Jalur Gaza dibombardir roket, lebih dari 120 orang tewas, termasuk perempuan dan anak-anak. (isa)-liputan6.com

Baca Juga