Saling Serang Hamas-Israel Via Twitter

SALAM-ONLINE.COM: Perang telah memasuki babak baru dalam sejarah. Jika sebelumnya kita hanya melihat baku tembak dan saling tukar rudal, kali ini dalam perang  antara Israel dan Hamas di Palestina, juga terjadi saling tukar serangan via Twitter dan YouTube.

Israel lewat akun juru bicara resmi militer @IDFspokeperson, sejak 14 November 2012 telah mengumumkan operasi militernya di Gaza via Twitter.

IDF juga mengunggah sejumlah video serangan pesawat tempurnya ke Jalur Gaza, termasuk serangan yang diarahkan kepada komandan senior Hamas Ahmad Jaabari, Rabu (14/11/2012) kemarin.

“The first target, hit minutes ago, was Ahmed Al-Jabari, head of the #Hamas military wing,” tulis IDF dalam akunnya 14 November pukul 9.31 malam.

IDF juga menayangkan sejumlah video serangan ke posisi persenjataan Hamas ke YouTube dan menyampaikan ancaman kepada seluruh pimpinan Hamas via Twitter.

Bagaimana dengan Hamas?

Uniknya sayap militer Hamas, Al-Qassam Brigades juga punya akun Twitter resmi. Tidak hanya itu, akun itu juga membalas dan menyebut akun IDF dalam tweet-tweet-nya, yang tentu berisi nada ancaman juga.

Baca Juga

@idfspokesperson Our blessed hands will reach your leaders and soldiers wherever the are (you open hell gates on yourselves),” tulis akun Al-Qassam Brigades pada 15 November kemarin di hadapan lebih dari 12.000 followers-nya.

Jika IDF mengunggah video serangannya di YouTube, Al-Qassam Brigades juga mengunggah serangan roket-roket “Fajer 5” mereka ke Tel Aviv, Israel di YouTube.  Al-Qassam juga menampilkan video pesawat tanpa awak Israel yang ditembak jatuh oleh Hamas.

Apakah mengunggah kekerasan itu dibolehkan di situs media sosial tersebut? Menurut analis media Benedict Evans dari Enders Analysis, yang diwawancari BBC, perang online di Gaza itu menempatkan Twitter pada posisi sulit.

“Mereka ingin tetap menjaga posisinya sebagai penyedia layanan yang tidak mengedit konten, tetapi di sisi lain mereka punya aturan dan persyaratan yang harus ditaati,” kata Evans. (beritasatu)

Baca Juga