Delegasi DPR RI Bawa Bantuan 1 Juta Dolar AS Lebih untuk Rakyat Palestina

SALAM-ONLINE.COM: Tak hanya berkunjung dan beri simpati, Komisi I DPR RI juga membawa bantuan dana senilai lebih satu juta dolar Amerika Serikat untuk rakyat Palestina.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi I DPR RI Luthfi Hassan Ishaaq, Ahad (3/12/2012) di Bekasi. Bantuan tersebut, kata Luthfi, terbagi atas 2 termin, masing-masing 750.000 dolar AS dan 500.000 dolar AS. Semuanya lebih dari Rp 10 miliar.

“Sekarang masih mengalir bantuan itu. Yang sudah diserahkan 750 ribu dolar AS sedangkan sisanya sekitar 500 ribu dolar AS lagi masih bergulir,” lanjut Presiden PKS itu seperti dikutip rmol.com

Menurut dia, bantuan itu diserahkan langsung kepada Pemerintah Palestina oleh sejumlah perwakilan Komisi I, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), dan 12 personel dari lima lembaga kemanusiaan Indonesia.

Sementara itu dari Kairo dan Palestina dilaporkan, Presiden Mesir Muhammad Mursi dan Presiden Palestina Mahmud Abbas secara terpisah akan menerima kunjungan muhibah delegasi DPR-RI.

“Presiden Mursi akan menerima kunjungan Ketua DPR-RI besok, Selasa (4/12/2012). Marzuki Alie tiba di Kairo pada Ahad petang kemarin (3/12/2012) untuk memulai kunjungannya ke Mesir dan Palestina dalam kapasitas sebagai Ketua DPR-RI merangkap Presiden Persatuan Parlemen Organisasi Kerja Sama Islam (PUIC).

Dari Kairo, Marzuki Ali akan bertolak ke Gaza untuk bertemu dengan Perdana Menteri Palestina dari Hamas, Ismail Haniya, dan pimpinan parlemen Palestina di wilayah yang masih diblokade penjajah Israel tersebut.

Misi Kunjungan Marzuki ke Gaza itu untuk menyampaikan simpati dan solidaritas Indonesia dan dunia Islam terhadap rakyat Jalur Gaza yang dibombardir Israel dalam perang delapan hari pada 14-21 November 2012 lalu.

Baca Juga

Presiden Palestina Mahmud Abbas telah menyatakan kesiapannya menerima kunjungan delegasi lain DPR-RI pimpinan Ketua Komisi I, Mahfudz Siddiq, di Ramallah, Tepi Barat, Palestina pada Senin (3/12/2012) ini.

Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq & PM Palestina Ismail Haniya

“Barusan sudah ada konfirmasi dari Ramallah bahwa delegasi DPR-RI akan diterima Presiden Abbas, besok (Senin),” kata Ketua Kaukus Parlemen untuk Timur Tengah, Komisi I DPR-RI, Muhammad Najib.

Selain Presiden Abbas, delegasi pimpinan Ketua Komisi I DPR-RI, Mahfudz Siddiq itu, juga akan diterima oleh Gubernur Jericho dan Wakil Menlu Palestina.

Delegasi DPR itu sebelumnya berkunjung ke Gaza dan bertemu dengan Perdana Menteri Ismail Haniya untuk menyampaikan simpati serupa.

Menurut Najib, dalam kunjungan ke Ramallah itu, delegasi akan menyampaikan bahwa Indonesia akan membuka Kantor Perwakilannya di Ramallah yang akan menjadi cikal bakal KBRI di sana. (isa)-antara

 

Baca Juga