Di Negara Asal Demokrasi Ini Masjid Sulit Berdiri

Yunani-tak ada masjid-Muslim Yunani shalat jamaah (Jumat) di halaman kampus atau halaman gedung perkantoran-jpeg.imageATHENA (SALAM-ONLINE): Bertahun-tahun komunitas Muslim Yunani dijanjikan pemerintah soal pembangunan masjid di Athena. Namun, janji itu hanya isapan jempol belaka.

Muslim Yunani mulai menunjukkan rasa kecewa. Umat Islam tambah kecewa dengan ketiadaan sikap pemerintah terkait serangan sayap kanan.

“Ini adalah tragedi yang mengerikan bagi kita umat Islam,” ucap Masyarakat Pakistan-Hellenisme, Syed Muhammad Jamil, seperti dikutip onislam.net, Ahad (30/12/2012).

Jamil mengatakan, Yunani sebagai negara besar dan asal muasal perkembangan demokrasi mulai terlihat luntur dalam rasa hormat terhadap kebebasan beragama. Mereka tidak menghormati kebutuhan umat Islam atas masjid.

Di awal, pemerintah setuju untuk memberikan ruang kepada Muslim dalam membangun masjid. Sayang, realisasi dari persetujuan itu tidak ada tindak lanjutnya. Muslim pun dibuat menunggu itikad baik pemerintah.

Ashifah Ahmad, salah seorang Muslim Yunani, mengatakan, masjid merupakan tempat bertemu umat Islam dalam pelaksanaan kewajiban dan pertemuan lain terkait hari besar dan lainnya. Karena itu, pemerintah seharusnya memahami kebutuhan ini.

Baca Juga
Yunani-tak-ada-masjid-muslim-yunani-shalat-jamaah-di-depan kampus Universitas Athena-jpeg.image
Tak ada Masjid, Muslim Yunani Shalat Jamaah di halaman Universitas Athena

“Pemerintah hanya sekadar janji. Itupun sebatas janji politik,” sesalnya.

Secara terpisah, Gereja Ortodoks Yunani kembali menegaskan sikapnya untuk menolak pembangunan masjid. Alasannya, Yunani yang beribu kota Athena ini tidak siap melihat menara masjid di tengah kota.

Namun, tidak semua warga Yunani sependapat dengan pandangan gereja.

“Saya kira, Muslim memiliki hak untuk membangun masjid. Itu yang dilakukan imigran Yunani ketika membangun gereja.Ini sikap munafik,” tegas Kali Patounia, seorang Bankir. (salam-online). Sumber: republika online

Baca Juga