Jaksa Mesir Siap Seret Tiga Tokoh Oposisi yang Ingin Gulingkan Mursi

Mesir-Amr-Moussa-saidaonline-jpeg.image
Amr Moussa

KAIRO (SALAM-ONLINE): Kejaksaan Mesir siap menyeret tiga tokoh oposisi yang berencana menggulingkan Presiden Muhammad Mursi. Tiga pemimpin oposisi itu adalah Mohamad ElBaradei, Amr Moussa dan Hamdeen Sabahi.

Ketiganya dianggap memanfaatkan isu yang memprotes konstitusi baru. Menurut sejumlah jaksa di Mesir, motif yang menggunakan isu konstitusi ini dijadikan sebagai upaya ketiganya untuk melakukan kudeta terhadap Mursi.

“Seorang pengacara telah mengajukan keberatan atas tindakan ElBaradei, Amr Moussa, Hamden Sabahi, dan sejulah tokoh lainnya  dari Front Keselamatan Nasional,” demikian lansir Al Arabiya.

Seperti diketahui, ketiga tokoh sekuler-liberal ini berada di belakang aksi demonstrasi yang menentang konstitusi baru. Mereka menolak konstitusi baru, tapi kemudian menyerukan pendukungnya untuk mengikuti referendum dengan harapan memenangkan jajak pendapat itu.

Baca Juga

Tapi kaum sekuler-liberal ini gagal mengambil hati rakyat untuk menolak konstitusi. Baik putaran pertama di 1o provisinsi maupun putaran kedua di 17 provinsi, hasilnya berpihak pada konstitusi baru yang menurut oposisi terlalu Islami dan akan memasung kebebasan.

Tapi, manakala di putaran pertama referendum (15/12/2012) kubu Islam memenangkan referendum, pihak oposisi balik menolak referendum, lantaran meyakini putaran tahap kedua (22/12/2012) pun akan dimenangkan para pendukung Mursi.

Kini, para jaksa siap menyeret ketiga tokoh oposisi ini ke pengadilan. Diawali dengan investigasi yang berkaitan dengan dugaan rencana penggulingan Mursi.

Salah satu dari tiga tokoh oposisi ini juga dikabarkan menjalin komunikasi dengan mantan Menlu Israel, Tzipi Livni, untuk menggulingkan Mursi. (salam-online)

Baca Juga