Presiden Mursi Batalkan Dekrit

KAIRO ( SALAM-ONLINE.COM): Presiden Mesir Mohammad Mursi membatalkan dekrit dan telah mengeluarkan deklarasi undang-undang dasar baru, demikian laporan stasiun televisi, Ahad (9/12/2012).

Deklarasi undang-undang dasar 22 November sepenuhnya telah dibatalkan mulai sekarang, kata Selim al-Awa, seorang politisi Islam.

Pada Sabtu (8/12/2012) telah dilakukan dialog maraton antara Mursi dan sebagian kekuatan politik dan nasional di istana presiden di Ibu Kota Mesir, Kairo.

Deklarasi baru undang-undang oleh Mursi dikeluarkan setelah kesepakatan dicapai di kalangan pejabat yang hadir dalam pertemuan itu, demikian laporan xinhua–yang dipantau antara, Ahad (9/12/2012) pagi.

Baca Juga

Sementara itu, deklarasi baru undang-undang dasar tersebut memutuskan referendum mengenai rancangan konstitusi mendatang akan dimulai sebagaimana rencana pada 15 Desember, kata al-Awa.

Pada 22 November, Mursi mengeluarkan deklarasi undang-undang dasar, yang memperluas kekuasaannya dan membuat semua dekrit yang dikeluarkannya sejak ia memangku jabatan sudah final dan tak bisa ditentang oleh siapa pun. (isa)

Baca Juga