Mesir Tangkap Tentara Israel di Sinai

Mesir-sinai-reuters-jpeg.image
Salah satu sudut kawasan Semenanjung Sinai (reuters)

KAIRO (SALAM-ONLINE): Aparat keamanan Mesir menahan seorang tentara Israel di Wilayah Taba, Semenanjung Sinai, setelah tertangkap basah menyelinap melewati batas negara dan mengambil foto peralatan keamanan serta berbicara dengan seorang sopir.

Demikian laporan seorang otoritas keamanan Mesir.

“Seorang Israel ditangkap oleh tentara nasional pada Sabtu (29/12/2012). Pihak berwenang sedang menginterogasinya,” kata perwira keamanan.

Kantor Berita Mesir MENA memberitakan bahwa orang yang ditahan itu adalah warga Tel Aviv asal Rusia bernama Andrea Chetekov. Dia tidak membawa paspor dan tidak tercantum dalam daftar turis wisata.

Baca Juga

Sementara televisi nasional setempat melaporkan bahwa aparat keamanan menangkap seorang mantan perwira militer Israel bernama Andre Yacoub dan masuk Mesir secara ilegal.

Tahanan berusia 24 tahun itu telah ditanyai mengenai aksinya. Dia berusaha mengumpulkan informasi militer Mesir melalui perantara sopir.

Mesir berusaha menegaskan kembali kendali atas wilayah Sinai yang sempat melemah sejak Husni (Laa) Mubarak digulingkan. Memang, sejak (Laa) Mubarak lengser, kawasan ini banyak yang melirik, terutama, tentu saja penjajah Israel. (antara/salam-online)

Baca Juga