Ulama Pakistan Pimpin Unjuk Rasa Anti Korupsi

pakistan-tahirul qadri pimpin demo melawan korupsi-jpeg.image
Tahirul Qadri (reuters)

LAHORE (SALAM-ONLINE): Seorang ulama ternama Pakistan dan ribuan pengikutnya dijadwalkan tiba di Islamabad Senin (14/1/2013) sebagai bagian dari “aksi berjalan kaki” menentang korupsi.

Tahirul Qadri, seorang ulama yang kembali ke Pakistan dari Kanada bulan lalu, memimpin seruan untuk reformasi elektoral.

Ia meninggalkan kota Lahore hari Ahad (13/1/2013) bersama ribuan pengikutnya menuju ibukota Islamabad dengan tujuan mengumpulkan dukungan.

Pakistan akan melaksanakan pemilihan umum dalam waktu beberapa bulan.

Berbicara pada wartawan sebelum unjuk rasa dimulai, Qadri mengatakan ia ingin adanya mekanisme untuk mencegah orang-orang yang terlibat korupsi mencalonkan diri pada pemilu.

Pemerintah akan membubarkan diri pada bulan Maret, dan pemilu harus dilaksanakan dalam waktu enam minggu.

Pada Ahad (13/1/2013) malam, penggagas aksi mengklaim bahwa sekitar 200.000 orang bergabung dalam konvoi mobil dan truk yang bergerak lambat menuju Islamabad. Tapi hal ini tidak bisa dikonfirmasi secara independen dan polisi tidak memberikan perkiraan angka mereka.

Baca Juga
Tidak diketahui kapan rombongan akan tiba di ibukota. Sementara aparat sudah memperingatkan bahwa Qadri dan para pengikutnya tidak diizinkan memasuki pusat kota.

Gaya ceramah Qadri yang flamboyan dan kampanye televisi berbiaya tinggi yang ia lakukan mendongkrak popularitasnya dalam beberapa pekan terakhir.

pakistan-anti_corruption_pakistan_reuters-jpeg.image
Tahirul Qadri kumpulkan dukungan di Lahore sebelum bergerak ke Islamabad

Namun ada pula spekulasi luas bahwa ia didukung oleh militer berkuasa Pakistan, dan digunakan untuk menegaskan kendali militer atas politik di Pakistan.

Qadri menolak tuduhan itu. “Saya tidak punya kaitan dengan institusi militer,” bantahnya seperti dikutip Reuters.

Desember 2012 lalu ia memobilisir puluhan ribu pendukung dalam sebuah demonstrasi di Lahore, tetapi belum diketahui berapa besar dukungan yang ia miliki di seluruh negeri. (bbc)–salam-online

Baca Juga