Muslim Michigan Terus Bertambah, Izin Perluasan Masjid Ditolak!

Michigan-islamic center-hamtramck-jpeg.image
Islamic Center of Hamtramck, Michigan, AS

MICHIGAN (SALAM-ONLINE): Jumlah jamaah Muslim terus bertambah, komunitas Muslim di Hamtramck, Michigan, Amerika Serikat, butuh tempat yang lebih luas untuk shalah berjamaah.  Tetapi harus menghadapi penentangan yang kuat dari kaum kuffar.

Dua organisasi Muslim telah mengajukan permohonan untuk merelokasi dan merenovasi Islamic Center di kota tersebut untuk menampung jumlah jamaah yang kian membludak.

“Pernahkah kalian melihat sekaleng sarden?” kata Masud Khan, Sekretaris Dewan Al-Islah, kepada Detorit News. Ia menggambarkan bagaimana ramainya masjid karena jamaah yang membludak pada saat shalat Jumat.

“Inilah yang kami lihat di sini, seperti sarden. Itulah mengapa kami butuh bangunan baru,” tambahnya. Al-Islah Islamic Center sudah mengajukan surat permohonan untuk memperluas bangunan menjadi dua lantai.

Muslim setempat mengatakan bahwa mereka butuh memperluas tempat ibadah yang saat ini hanya mampu menampung 350 jamaah, sementara jumlah jamaah lebih banyak.

Baca Juga

Namun, aplikasi yang diajukan Muslim untuk perluasan masjid ini ditolak oleh dewan penetapan wilayah. Tiga permohonan yang berbeda dari Al-Islah, semuanya ditolak.

Organisasi Muslim kedua yang juga memiliki misi serupa adalah Abu Bakar Al-Siddique Islamic Center, diperkirakan akan menghadapi komisi perencanaan kota pada Rabu (13/2/2013) pekan ini untuk meminta persetujuan rencana pengubahan sebuah bangunan di kota ini menjadi sebuah masjid.

Alasan penolakan pembangunan atau perluasan masjid, bahwa hal itu akan menyebabkan “kemacetan”.

Namun, ada juga pejabat yang tidak menentang perluasan atau pembangunan masjid di kota ini. Sebut misalnya anggota dewan kota, Tom Jankowski. Ia mengatakan perlunya pemahaman dari pemerintah kota bahwa butuh penyesuaian untuk mengakomodasi masyarakat Muslim yang berkembang.

“Saya pribadi tidak menentang masjid ada di sini,” katanya. “Penduduk kota ini sekarang hampir 40 persennya adalah Muslim.” (arrahmah.com). @salam-online

Baca Juga