Afrika Selatan Tolak Kudeta Militer Atas Mursi

Afrika Selatan tolak kudeta militer atas Mursi-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Kementerian Hubungan dan Kerjasama Internasional Afrika Selatan menegaskan penolakan negaranya terhadap seluruh tindakan yang terjadi di Mesir saat ini.

Tragedi yang terjadi di Mesir saat ini menyebabkan pengisolasian presiden terpilih sekaligus menonaktifkan konstitusi. Kementerian mengatakan bahwa tindakan tersebut melanggar piagam internasional dan norma-norma yang berlaku di Uni Afrika.

Pemerintah Afsel dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hubungan Internasional mengatakan keprihatinan yang mendalam atas jatuhnya banyak korban dari barisan para penolak kudeta presiden (yang terpilih secara demokratis) Muhammad Mursi.

Kementerian Hubungan Internasional juga menyampaikan bahwa penggunaan kekerasan untuk melawan protes legitimasi adalah perkara yang sangat tidak membantu proses penyelesaian masalah yang menimpa Mesir saat ini.

Aspirasi rakyat Mesir tidak akan mungkin tercapai, kecuali dengan melibatkan seluruh spektrum rakyat dalam proses rekonsiliasi legitimasi dan penyusunan peta jalan untuk masa depan yang lebih baik.

Baca Juga

Afrika Selatan juga menyerukan pembebasan Presiden Muhammad Mursi dan seluruh tahanan politik yang ditahan sejak pergantian pemerintahan ‘inkonstitusional’ pada 3 juli 2013 lalu, tanpa syarat apapun sekaligus mengajak semua pihak yang berkepentingan untuk meninggalkan kekerasan dan perilaku balas dendam.

Pemerintah Afsel mendesak semua warga Mesir untuk mengadopsi semangat rekonsiliasi nasional, yang pada gilirannya akan berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas masa depan Mesir.

Afsel juga mengonfirmasi kesiapannya untuk membantu Mesir dalam langkah berbagi pengalaman dan praktik-praktik untuk penyelesaian masalah ini. (uki/rassd/sinai online)

salam-online

Baca Juga