Hari Ini Rakyat Mesir ‘Bergerak’ dalam ‘Pawai Sejuta Orang’

Mesir-demo jumat-19-7-2013-3-jpeg.imageKAIRO (SALAM-ONLINE): Barisan pendukung Presiden Mursi tak hanya massa Ikhwanul Muslimin. Mohammad Mursi sudah jadi simbol perlawanan rakyat Mesir terhadap kezaliman yang selama ini mengungkung negeri piramida itu.

Hari ini, Selasa (30/7/2013) jutaan rakyat Mesir kembali ‘bergerak’ dalam ‘pawai sejuta orang’ untuk melawan penggulingan presiden yang hafal Qur’an tersebut.

Pendukung Mursi menyeru kepada para demonstran untuk membanjiri gedung-gedung pemerintahan di seluruh Mesir demi memprotes kematian pengunjuk rasa yang ditembaki polisi dan tentara, Sabtu (27/7/2013).

“Kami menyeru pawai sejuta umat di bawah banner ‘Para syuhada untuk (korban) kudeta pada Selasa’,  kata Aliansi Anti Kudeta yang mengorganisasikan demonstrasi itu seperti dikutip AFP.

Kelompok ini menyeru warga Mesir “untuk turun ke jalan dan lapangan demi meraih kembali kebebasan dan martabat mereka yang dirampas oleh kudeta berdarah dan demi hak-hak para syuhada yang dibunuh oleh peluru pengkudeta”.

Baca Juga

Seruan unjuk rasa ini muncul setelah banyaknya massa pendukung Presiden Mursi terbunuh, ditembaki aparat, dalam protes duduk damai mendukung Mursi Sabtu (27/7/2013) lalu.

Para pendukung Mursi menegaskan, pasukan keamanan menggunakan peluru sungguhan terhadap demonstran tak bersenjata, sehingga banyak di antara mereka yang gugur.

Para pendukung Mursi tetap bertahan dan menegaskan bahwa Mursi harus dipulihkan kekuasaannya, namun pemerintahan tidak sah produk kudeta mengatakan akan membubarkan demonstrasi dan mengingatkan akan mengambil langkah drastis jika demonstran  melanggar batas. (antara/salam-online)

Baca Juga