Alhamdulillah, Akan Dibangun Masjid Terbesar di Irlandia

Irlandia-Renacana pembangunan Masjid Terbesar di Irlandia-jpeg.imageDUBLIN (SALAM-ONLINE): Untuk mengakomodasi kebutuhan minoritas Muslim di Irlandia, otoritas di Dublin telah menyetujui pembangunan masjid terbesar di Irlandia.

OnIslam.net, Senin (2/9/2013) melansir, masjid ini akan dibangun di kota Clongriffin di Dublin Utara.

“Hal ini akan memberikan rasa positif bagi komunitas Muslim di Irlandia, dimana begitu banyak imej negatif terhadap Islam terkait perkembangan di Timur Tengah dan terdapat banyak tekanan di mana-mana,” kata Abdul Haseeb, koordinator proyek untuk masjid  Clongriffin, kepada Irish Times (2/9).

“Hal ini juga akan memberikan rasa memiliki,” tambah Haseeb.

Setelah mengajukan izin pendirian masjid baru, kaum Muslimin mendapat lampu hijau dari pemerintah setempat untuk merealisasikan mega masjid ini.

Keputusan diambil oleh An Bord Pleanala, dewan perencana independen yang memutuskan perencanaan pembangunan pemerintah lokal Irlandia.

Berdasarkan rencana, akan dibangun masjid 3 lantai di atas tanah seluas 5.573 M2. Masjid terbesar di Irlandia ini diperkirakan akan memakan anggaran sebesar 40 juta poundsterling.

Komplek masjid ini akan terdiri dari bangunan Islamic Center, Menara, Gedung Pusat Budaya dan masjid yang diharapkan mampu menampung lebih dari 3.000 Muslim selama Ramadhan dan 550 jamaah shalat Jum’at.

Di samping itu juga akan ada perkantoran, kebun bibit, toko buku, perpustakaan, kamar jenazah, pusat konferensi dengan 600 tempat duduk, restoran, sekolah dari TK s.d SMP, gedung fitness 2 lantai, kolam renang indoor, gym, sauna serta beberapa blok apartemen.

Muslim Irlandia sangat senang dengan persetujuan ini.

Baca Juga

Dibangun di wilayah yang baru berkembang, pengembang masjid ini berharap dapat menciptakan komunitas terbuka di sekeliling rumah ibadah yang juga akan menerima warga non-Muslim.

“Kita akan mencoba memberikan ruang bagi semua pihak,” ujar Abdul Haseeb.

“Kami menyadarai akan banyak tantangan ke depan, namun kami telah memiliki rencana yang memberikan alasan bagus untuk mengundang pemimpin komunitas lokal dan warganya untuk duduk dan berdialog dengan kami,” harapnya.

“Sejauh ini kami telah mensosialisasikan proyek ini ke komunitas Muslim, namun sekarang kami akan mulai mengundang komunitas local,” kata Abdul Haseeb.

Ketua serikat buruh setempat, Sean Kenny, menyambut baik keputusan An Bord Pleanala, pihak yang mengeluarkan perizinan.

“Keberadaan masjid disambut terbuka oleh masyaraka di area ini,” kata Kenny.

“Hal itu akan membuka lapangan pekerjaan dan melengkapi Clongriffin Estate dan beberapa jalan akan dibangun. Hal ini juga akan membawa penduduk yang lebih banyak di area ini,” ujar Kenny lagi.

Komunita Muslim mencapai 1.1 persen dari 4,5 juta penduduk Irlandia, namun data ini bisa lebih besar dengan adanya imigran Muslim, kelahiran anak-anak Muslim, dan orang orang yang memeluk Islam. Padahal sensus tahun 2011 tercatat baru ada 49.204 Muslim, termasuk di antaranya adalah 12.000 anak-anak usia sekolah.

Maka, dengan jumlah yang ada saat ini menunjukkan pertambahan populasi Muslim di Irlandia sebesar 51 persen. (Abu Akmal /salam-online)

Baca Juga