Mau Bakar Al-Qur’an, Pendeta Radikal Terry Jones Ditangkap

Pendeta Terry Jones ditangkap-jpeg.image
Terry Jones (duduk, kanan)

FLORIDA (SALAM-ONLINE): Tak jua jera. Pendeta radikal Amerika, Terry Jones, kembali berulah. Ia berencana membakar sekitar 3000 buah Al-Qur’an saat peringatan peristiwa 11 September. Niat jahatnya belum kesampaian, Jones keburu ditangkap.

Terry Jones, 61, dihentikan oleh polisi ketika dia mengemudi sebuah truk yang menarik tempat panggangan barbekyu berisi Al-Qur’an yang disiram minyak tanah atau kerosin.

Namun sebelum sempat beraksi, Jones ditangkap. Dia ditangkap bersama seorang pendeta lainnya, Marvin Sapp, hanya beberapa menit sebelum aksi dilakukan, demikian lansir BBC, Kamis (12/9).

Aksi gila Jones bukan kali ini saja dilakukan. Ancaman Terry Jones untuk membakar Al-Qur’an pernah dia ungkapkan pada 2010 lalu, tetapi menuai kemarahan hebat. Akhirnya, Jones pun membatalkan aksinya tersebut.

Baca Juga

Tak jua kapok. Pada 2011 ia kembali mengumumkan akan membakar Al-Qur’an. Perbuatan terkutuk itu diikuti jemaatnya di Dove World Outreach Center di Gainsville, Florida. Aksi bakar Al-Qur’an tak terhindarkan. Akibatnya terjadi gelombang protes yang berujung pada kekerasan di seluruh Timur Tengah dan di Afghanistan.

Sebelum ditangkap, dia mengatakan akan membakar 2.998 buah Al-Qur’an di taman Tampa Bay sebagai bentuk pengakuan terhadap para korban 11 September.

Jones dan Savv didakwa dengan tuduhan membawa bahan bakar secara ilegal. Menurut polisi, Jones juga didakwa karena secara terbuka membawa senjata api. (bbc), salam-online

Baca Juga