14 Negara Akan Ikuti Konferensi Imam Sedunia di Pekanbaru

Riau-14-negara-pastikan-ikut-konfrensi-imam-sedunia-pekanbaru-jpeg.imagePEKANBARU (SALAM-ONLINE): Sebanyak 14 negara akan menghadiri Konferensi Imam sedunia yang akan berlangsung di Pekanbaru, Riau, mulai hari ini, Selasa (3/12) hingga 6 Desember 2013. Sebelumnya, direncanakan ada 20 negara menghadiri konferensi yang bertujuan untuk membentuk Majlis Imam se-dunia tersebut.

“Konferensi imam ini merupakan rangkaian dari Islamic Solidarity Games Juni 2013 lalu, namun baru bisa dilaksanakan tanggal 3-6 Desember nanti di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Riau,” kata Ketua panitia konferensi Iman seDunia, Tengku Dahril kepada wartawan di Pekanbaru, Ahad (1/12).

Dikatakan, adapun empat negara yang kemudian membatalkan diri untuk hadir, yakni Arab Saudi dan Australia. “Arab Saudi sudah kita upayakan untuk hadir, namun Imam besar mereka tidak mendapat izin pihak kerajaan, sementara Australia batal hadir dengan alasan hubungan kurang baik antara Australia dan Indonesia, karena kasus penyadapan,” paparnya.

Menurut Tengku Dahril, ke-14 negara yang memastikan ikut konferensi adalah Irak, Rusia, Kuwait, Afrika Selatan, Pakistan, Tunisia, Kuba, Palestina, Sinegal, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Prancis dan Indonesia sebagai tuan rumah. “Sedangkan untuk Indonesia akan dihadiri Imam dari Jakarta, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, seluruh provinsi di Sumatera dan segenap kabupaten di Provinsi Riau,” rincinya.

Konferensi tersebut, menurut Tengku Dahril mengangkat tema tentang peran Imam dalam peradaban. “Peran Imam sangat strategis dalam membangun peradaban melalui masjid dan melalui Majlis Imam yang akan dibentuk, yang nantinya memiliki struktur lembaga keimaman, sekretariat  dan dewan pertimbangan majlis,” ungkapnya.

Baca Juga

Diharapkan, markas besar dari majelis ini akan berada di Pekanbaru. “Ini merupakan tonggak sejarah bagi Provinsi Riau, khususnya dalam melaksanakan pembentukan Majelis Imam se-dunia dan diharapkan pula menjadi pusat peradaban,” ulasnya.

Pada pelaksanaan konferensi Imam se-dunia ini, panitia akan melaksanaka shalat tahajud selama sebulan penuh yang akan dipimpin oleh imam-imam besar yang hadir pada konferensi.

“Untuk itu, untuk masyarakat Pekanbaru khususnya dan Riau, jika ingin ikut beribadah shalat tahajud akan dilaksanaka setiap malam pada pukul 02.00 WIB di Masjid An-Nur Pekanbaru,” imbaunya. (fokusriau.com/salam-online)

Baca Juga