Ustadz Bachtiar Nasir: ‘Apa Manfaatnya Memberitakan Konflik Mujahidin?’


Ustadz Bachtiar Nasir-6-jpeg.image

Ustadz Bachtiar Nasir

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Adanya berita keributan antar kelompok pejuang di Suriah yang menurut DR Muinudinillah (Ketua Dewan Syariah Kota Solo) dijadikan sebagai propaganda musuh untuk melemahkan kekuatan Mujahidin, tidak sepantasnya diekspos berlebihan. Sebagai awak media sudah sepatutnya bisa memilah mana yang membawa manfaat lebih banyak kepada umat.

Ketua Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS), Ustadz Bachtiar Nasir, mengatakan masalah antar kelompok Mujahidin biarlah menjadi urusan mereka, dan mereka yang mengambil solusinya.

“Apa gunanya memberitakan konflik (Mujahidin, red)? Karena kita masih berada di ruangan ber-AC,” kata Bachtiar dalam acara tabligh akbar Suriah Memanggil Kita di panggung utama Islamic Book Fair (IBF), Jakarta, Sabtu (8/3).

Menurut ustadz yang akrab disapa Abi Bachtiar di kalangan tahfizh cilik itu keributan antar kelompok Mujahidin bisa jadi diakibatkan karena ada yang tidak ikhlas berjihad di jalan Allah. Maka dari itu, memudahkan pihak ketiga yang ingin melakukan infiltrasi ke dalam kelompok Mujahidin.

“Kalau ada yang bisa menyelesaikan masalah, ya, silakan selesaikan. Tapi, kalau tidak bisa menyelesaikan, ya, lebih baik diam,” kata Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini.

Bachtiar kemudian menceritakan kepada hadirin yang memenuhi panggung utama Islamic Book Fair bahwa semasa menempuh studi di kota Madinah, ia pernah menyaksikan keluruhan akhlak dan rasa saling menghormati di antara kelompok jihad Afghanistan.

Kala itu, lanjutnya, para pemimpin tersebut bertemu di suatu tempat untuk berunding menyelesaikan masalah di antara mereka. “Permasalahannya adalah bawahan mereka yang tidak bisa dikendalikan,” pungkasnya. (UL/bumisyam)

salam-online