Pejuang Al-Qaidah Berhasil Kuasai Kota Al-Houta di Yaman Selatan

Yaman-AQAP-2-jpeg.imageAL-HOUTA (SALAM-ONLINE): Kelompok pejuang Al-Qaidah Semenanjung Arab (AQAP) Jumat kemarin berhasil menguasai kota Al-Houta di Yaman selatan, menyusul pertempuran sengit dengan pasukan keamanan, Al Arabiya News Channel melaporkan Jumat (20/3), mengutip sumber-sumber keamanan.

Sebelumnya, AFP mengutip seorang pejabat keamanan mengatakan bahwa pertempuran di Yaman selatan antara pasukan rezim Yaman dan kelompok bersenjata, termasuk Mujahidin Al-Qaidah, serta separatis, menewaskan 29 orang.

Baku tembak sengit meletus ketika pria bersenjata menyerang pusat-pusat polisi di Lahj, utara Aden, kata pejabat itu.

Ia mengatakan 29 orang, termasuk 27 anggota pasukan keamanan, tewas.

“Al-Qaidah Ansar al-Sharia mengambil bagian dalam pertempuran bersama kelompok bersenjata lainnya,” kata pejabat itu.

Sebelumnya, sumber keamanan lain mengatakan lima orang, termasuk dua polisi, tewas dalam pertempuran. Ia menambahkan, bahwa kelompok yang ingin memisahkan diri di selatan turut menyerang pasukan keamanan.

Baca Juga

Selama ini diketahui kelompok pejuang Al-Qaidah yang berbasis dan aktif di Yaman selatan menuntut pemisahan dari wilayah yang sebelumnya independen.

Sementra Presiden Yaman, boneka Barat, Abedrabbo Mansour Hadi sendiri berhasil melarikan diri ke Aden dari tahanan rumahnya di Sana’a, bulan lalu. Seperti diketahui, ibu kota Yaman itu hingga saat ini masih dikuasai milisi Syiah Houtsi. Aden, jauh dari wilayah kekuasaan Houtsi.

al arabiya

salam-online

Baca Juga