Galang Persatuan Islam, Erdogan Dikabarkan Akan Kunjungi Indonesia

Turki-Presiden Erdogan-3-jpeg.image
Erdogan

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dikabarkan akan melakukan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan ini disebut-sebut sebagai bagian dari usaha pemimpin Turki tersebut untuk menggalang persatuan umat Islam.

Kabar rencana kunjungan ini muncul dalam beberapa laporan di media-media Turki. Dalam laporannya, media Turki seperti Hurriyet menyebut Erdogan akan melakukan tur ke beberapa negara besar Islam untuk menyuarakan persatuan antar negara Islam.

“Dia (Erdogan) mengungkapkan memiliki rencana kunjungan ke kawasan Muslim Asia, yakni Indonesia dan Malaysia dan juga akan mengujungi Arab Saudi,” bunyi laporan media Turki seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (9/4/2015).

Kunjungan Presiden Turki ke Indonesia terakhir kali terjadi pada tahun 2011 lalu. Presiden Turki saat itu, Abdullah Gul melakukan pertemuan dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga

Sementara itu, untuk Erdogan, jika kunjungan ini terlaksana maka akan menjadi kunjungan kedua dia ke Tanah Air. Erdogan sempat melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2006 lalu, untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi D8 (kelompok delapan negara berkembang). Saat itu ia masih menjabat sebagai Perdana Menteri.

Indonesia dan Turki sendiri sejatinya bisa disebut sebagai kawan lama. Hubungan diplomatik terjadi pada 1950, atau enam tahun setelah Turki mengakui Indonesia sebagai negara yang berdaulat. (Sindonews)

salam-online

Baca Juga