Pemimpin Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Udara AS di Yaman

Nasser bin Ali Al-Ansi-jpeg.image
Nasser bin Ali Al-Ansi

MUKALLA (SALAM-ONLINE): Organisasi pemantau yang berbasis di AS, Site Intelligence (SI) mengatakan, pemimpin Al-Qaidah Semenanjung Arab (AQAP) Nasser Al-Ansi gugur dalam serangan udara AS di Yaman.

SI, mengutip sebuah pernyataan Al-Qaidah di Semenanjung Arab, seperti dilansir BBC, Jumat (8/5), mengatakan, Al-Ansi gugur pada April lalu di kota pelabuhan Mukalla.

Belum ada konfirmasi dari AS mengenai gugurnya Al-Ansi. Nasser Al-Ansi merupakan pemimpin Al-Qaidah yang pernah muncul dalam sejumlah video Al-Qaidah di Semenanjung Arab.

SI mengatakan, putra tertua Al-Ansi dan pejuang lainnya juga gugur dalam serangan udara di Mukalla itu.

Al-Qaidah menguasai Mukalla, ibukota provinsi Hadramaut, pada awal April, termasuk sebuah basis tentara di dekat kota tersebut. Puluhan anggota Al-Qaidah di Semenanjung Arab kemudian dibebaskan dari penjara di kota itu.

Baca Juga

Dalam sebuah video, Al-Ansi menyerukan kepada umat Islam untuk menyerang pasukan pemberontak Syiah Houthi yang mengambil alih sebagian besar wilayah Yaman pada September lalu.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi telah mengambil alih serangan udara melawan pemberontak Syiah Houthi selama enam pekan.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan AS Ash Carter mengatakan Al-Qaidah di Semenanjung Arab “meraih kemenangan dalam perang darat” di Yaman karena situasi keamanan yang tidak stabil di negara tersebut.

Sumber: BBC

salam-online

Baca Juga