Hilal tak Tampak, Menag Tetapkan 1 Ramadhan pada 18 Juni Atas Kesepakatan Bersama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi Prof Din Syamsuddin dan KH Ma'ruf Amin menetapkan 1 Ramadhan , Kamis 18 Juni 2015-Foto-Kompas.com-jpeg.image
Menag Lukman Hakim Saifuddin didampingi Prof Din Syamsuddin dan KH Ma’ruf Amin saat menetapkan 1 Ramadhan pada Kamis 18 Juni 2015 (Foto: Kompas.com)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan awal puasa Ramadhan 1436 H/2015 pada Kamis (18/6/2015). Keputusan tersebut keluar setelah dilakukan Sidang Itsbat bersama pakar astronomi dan para ulama.

“Alhamdulillah kita baru saja selesai sidang Itsbat untuk menetapkan 1 Ramadhan 1436 H,“ ujar Lukman Hakim.

Lukman menyampaikan, Sidang Itsbat dimulai setelah magrib, diawali dengan paparan yang menjelaskan posisi hilal.

“Ada 36 orang yang tersebar dari wilayah barat sampai timur yang kita tugaskan untuk melihat hilal, namun dari mereka tidak ada satu pun yang melihat hilal,“ tutur Lukman.

Baca Juga

“Oleh karenanya atas dasar itu seluruh peserta Sidang Itsbat bisa menyepakati bahwa hilal tidak Nampak. Maka bulan sya’ban saat ini disempurnakan menjadi 30 hari. Dengan demikian 1 Ramadhan jatuh esok lusa, hari Kamis 18 juni,“ terangnya.

Ia juga menuturkan, semua yang hadir dalam persidangan bersepakat dengan hasil ini.

“Mudah-mudahan umat Islam mengawali puasa dengan serentak bersama-sama untuk tahun berikutnya, yang dapat menjadi cerminan kebersamaan antar umat Islam di Indonesia dari hari ke hari,” harap Menag. (EZ/salamonline)

Baca Juga